Turun Langsung Atasi Karhutla, Dodi Berjibaku Padamkan Api

Penanganan bencana karhutla bukan hanya semata untuk menyambut Asian Games saja tetapi ini harus menjadi persoalan yang dituntaskan

Turun Langsung Atasi Karhutla, Dodi Berjibaku Padamkan Api
SRIPOKU.COM/Cr13
Bupati Muba H Dodi Reza Alex pada saat melakukan pemadaman terhadap laham gambut yang terbakar. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU—Bencana Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tepatnya di Desa Muara Medak Kecamatan Bayung Lencir, menjadi perhatian serius Bupati Muba H Dodi Reza Alex. Dimana, orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini turun langsung ke lapangan dengan upaya memadamkan bencana karhutla, Rabu (1/8/18). 

Dari pantauan, sejumlah tim yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, Polri, BPBD, dan pihak perusahaan berupaya berjibaku terus memadamkan api di lokasi Desa Muara Medak Kecamatan Bayung Lencir. 

“Ya, bencana karhutla ini menjadi perhatian serius kita. Saya siap terima laporan 24 jam untuk mengatasi karhutla ini, penanganan karhutla harus All Out dalam mengatasinya,”kata Dodi, disela-sela tinjauan di Desa Muara Medak.

Lanjutnya, bencana karhutla ini menjadi bencana yang serius dan menjadikannya laten setiap tahunnya. Selain itu masih ada beberapa kendala yang dihadapi untuk menanggulangi karhutla, sedangkan untuk vegetasi yang terbakar yakni lahan gambut.

“Tadi saya sudah meninjau secara langsung, banyak kendala ditemui dalam melakukan pemadamam seperti masih kurangnya operasional dan peralatan. Oleh sebab itu, Pemkab Muba akan total mengatasi hal tersebut,"ungkapnya.

Penanganan bencana karhutla bukan hanya semata untuk menyambut Asian Games saja tetapi ini harus menjadi persoalan yang dituntaskan dan tidak terjadi setiap tahun. “Sekarang ini menjadi pekerjaan rumah kita bagaimana terus menggencarkan dalam mengubah paradigma masyarakat supaya tidak membakar lahan,"ujarnya.

Dodi secara langsung mengapresiasi kerja keras yang dilakukan tim pemadam di lapangan yang tak mengenal lelah berjibaku dalam memadamkan api. "Saya apresiasi rekan-rekan di lapangan. Ini tanggung jawab kita bersama untuk menuntaskannya, karhutla ini menjadi perhatian serius kita,” jelasnya. (cr13)

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved