Berita Haji

Sarapan tak Diberi, Jemaah Haji Berburu Bubur Ayam

Usai shalat subuh, jemaah haji Indonesia, khususnya asal Sumsel berburu sarapan pagi. salah satunya bubur ayam yang dibanderol.

Sarapan tak Diberi, Jemaah Haji Berburu Bubur Ayam
SRIPOKU.COM/Slamet Hariono
MENJUAL --Mukimin Indoensia di Mekkah menjual sarapan pagi kepada jemaah haji Indoensia 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Muhammad Husin

SRIPOKU.COM, MEKKAH -Usai shalat subuh, jemaah haji Indonesia, khususnya asal Sumsel berburu sarapan pagi. salah satunya bubur ayam yang dibanderol seharga 5 riyal atau setara Rp 17.500/porsi.

Pasalnya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi hanya menyediakan menu makan siang dan malam.

Sarapan pagi bagi jemaah haji ini sudah mulai banyak dijual oleh masyarakat (mukimin) asal Madura, Jawa Timur dan Jawa Barat yang sudah menetap dan bekerja di Arab Saudi.

Untuk harga jual, relatif terjangkau. Namun jika dibandingkan nilai rupiah, termasuk mahal.

Misal untuk makanan nasi uduk, nasi kuning dijual seharga 3 riyal (Rp 10.500), sedangkan untuk bujur ayam di banderol 5 riyal.

Untuk bakso 5 riyal dan bubur kacang ijo 3 riyal. Mukimin ini juga menyediakan rekor rebus, kentang rebus yang dibanderol untuk dua butir seharga 3 riyal. 

Kontributor sripo di Mekkah, Slamet Hariono, Kamis (2/8) mengatakan, selain makanan sarapan pagi, juga banyak dijual baju untuk wanita (abaya) dibandrol 3 buah 50 riyal, baju dengan corak hitam itu sangat diminati jemaah haji karena selain harganya murah ukurannya kecil seukuran orang Indonesia.

Hanya saja terkadang jemaah tidak menyadari bahwa mereka juga sudah banyak membeli pakaian di Madinah sehingga mereka banyak kesulitan untuk mengepak barang karna tas besar mereka juga surah penuh sesak.

"Menu sarapan pagi yang dijual di depan hotel, setidaknya bisa menghilangkan rasa rindu dengan makanan khas Indonesia," katanya.

Halaman
12
Penulis: Husin
Editor: muhammad husin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved