Berita Palembang

Tunggu Keputusan Kementerian, Pengendara Belum Bisa Melintasi Tol Palindra Hingga Gerbang Indralaya

Dioperasionalkannya Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) hingga gerbang Indralaya pada, Rabu (1/8/2018) dipastikan batal terealisasi

SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Beberapa kendaraan sedang melintas memasuki gerbang Palembang Tol Palindra, Selasa (31/7/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Dioperasionalkannya Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) hingga gerbang Indralaya pada, Rabu (1/8/2018) dipastikan batal terealisasi. Hal tersebut lantaran Hutama Karya selaku kontraktor masih menunggu izin dari Kementerian PU-PERA.

Manager Proyek Jalan Tol Palindra, Hasan Turcahyo mengatakan jalan tol pertama kali di Sumsel tersebut rencananya pada 1 Agustus sudah bisa dilalui hingga gerbang Palindra, secara umum untuk persiapan fisik tol juga telah mencapai progres 100 persen pengerjaan.

"Posisi kita sudah siap, tinggal menunggu saja. Sebelumnya Kemen PU-PERA menyatakan 1 Agustus, tapi sampai sekarang belum ditetapkan," Selasa (31/7/2018).

Baca: Tol Palindra Hampir Rampung, 1 Agustus Pengendara Bisa Melintas Hingga Gerbang Indralaya

Baca: 2 Tahun Berkas Ganti Rugi Tak Diparaf, Warga Pemulutan Geruduk BPN Sumsel, Ancam Blokir Tol Palindra

Ia menjelaskan, mengenai pengerjaan fisik tol Palindra sudah rampung dilaksanakan. Saat ini pihaknya tinggal melakukan pembersihan berkas material untuk persiapan kendaraan melintas hingga gerbang Indralaya.

Beberapa kendaraan sedang melintas memasuki gerbang Palembang Tol Palindra, Selasa (31/7/2018)
Beberapa kendaraan sedang melintas memasuki gerbang Palembang Tol Palindra, Selasa (31/7/2018) (SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA)

Sementara untuk uji laik beban dan lintasan pada seksi 2 dan 3 tol Palindra sudah dilaksanakan pada 19-20 Juli lalu dengan hasil sudah dapat dioperasikan penuh.

"Untuk uji laik juga sudah kita laksanakan, hasilnya siap untuk dioperasikan," tegas Hasan.

Kendati belum diketahui kapan akan dibuka hingga gerbang Palindra, Hasan mengaku jalan Tol Palindra sudah dapat berfungsi penuh sebelum gelaran Asian Games 2018.

"Kita masih terus koordinasi dengan kementerian, tapi yang jelas sebelum Asian Games sudah siap dioperasikan hingga gerbang Indralaya," jelas Hasan.

Baca: Jadi Jalan Tol Istimewa di Indonesia, Mahasiswa dan Ahli Teknik Sipil Belajar dari Tol Palindra

 Sebumnya, Kepala Cabang Tol Palindra, Darwan Edison mengatakanhingga saat ini pihaknya belum menemukan kendala yang bisa menghambat penyelesaiaan. Pengerjaan sudah sesuai target dan sekarang telah memasuki tahapan akhir.

"Ya, saat ini kan memang kita tengah mengebut pembangunan si seksi 2 dan 3. Kalau progres progress pembangunan tol pada seksi 2 dan 3 sudah hampir 100 persen," ujarnya.

Terkait tarif Tol Palindra, Edison mengaku belum bisa memastikan berapa setelah dilaunching nanti. Sebab, keputusan mengenai tarif tersebut masih menunggu dari pemerintah.

Baca: Pastikan Penyelesaian Fisik Tol Palindra Pertengahan Juli, Langsung Uji Laik Fungsi

Sementara untuk saat ini tarif e-tol masih memakai tarif normal yakni Rp 6.000 untuk mobil golongan kecil atau golongan I, golongan II Rp 8.500, golongan III Rp 11.500, golongan IV Rp 14.500 dan golongan V Rp 17.500.

"Sekarang masih tarif lama. Kalau tarif baru masih menunggu dari pemerintah setelah launching 1 Agustus nanti," jelasnya. 

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved