Berita Haji

Jemaah Temukan Uang 1500 Riyal Tercecer di Hotel

Akibat faktor kelalaian dan membawa uang dalam jumlah besar, banyak jemaah haji di Madinah dan Mekkah kehilangan uang.

Jemaah Temukan Uang 1500 Riyal Tercecer di Hotel
SRIPOKU.COM/Slamet Hariono
MENEMUKAN UANG -Jemaah Haji Kloter 2 Palembang menemukan uang 1500 Riyal di seputaran Hotel Ares Madinah. Ia tersebut akan diserahkan kepada petugas haji karena tidak ada jemaah yang mengakui kepemilikan uang itu. 

sripo/slemat Hariono
MENEMUKAN UANG ©©Jemaah haji asal Kloter 2 Palembang menemukan
Uang 1500 riyal di Madinah.

Laporan wartawan Sripoku.com, Muhammad Husin

SRIPOKU.COM, MADINAH --Akibat faktor kelalaian dan membawa uang dalam jumlah besar, banyak jemaah haji kehilangan uang, seperti tercecer di jalan. Seperti yang ditemukan salah satu jemaah haji
asal Palembang tergabung di Rombongan 6 Kloter 2, yang menemukan uang sebanyak 1500 riyal.

Kendati sudah diumumkan dalam grup WA (WhatsApp) hingga kemarin, Kamis (26/7) belum ada yang mengakui
kehilangan uang sebanyak itu.

Uang tersebut ditemukan jemaah haji di dekat Hotel Ares Madinah, tepat jemaah haji asal Sumsel menginap. Namun belum ada yang mengakui kepemilikan uang tersebut.

Memang sebelumnya, jemaah di Kloter 2 asal Sumsel sudah ada yang hilang uang, tetapi jumlahnya sebesar 900 riyal atau setara Rp 4,5 juta.

Menurut kontributor sripo di Madinah, Slamet Hariono, uang tersebut akan diserahkan kepada Ketua Kloter 2 Palembang, yang selanjutnya akan diserahkan kepada petugas Sektor.

"Memang ada saja jemaah kehilangan uang. Mereka membawa uang dalam jumlah besar di saku pakaian. Padahal, uang sebesar itu bisa disimpan dalam tas koper jemaah di hotel dan dikunci. Tapi kebanyakan
jemaah lalai," katanya.

Sementara Ketua Kloter 2 Embarkasi Palembang Abdul Haris Putra kembali mengingatkan jemaah agar tidak menghabiskan uang selama di Madinah dan harus berhemat karena perjalanan masih panjang, karena jemaah harus ke Mekkah.

Namun yang terjadi, jemaah lebih banyak belanja dan membeli barang sehingga tas bawaan sudah over. Bahkan menyesalkan adanya pembatasan berat barang yang boleh diangkay saat pulang ke Palembang.

"Dimana saja, sudah ada yang mengirim barang melalui jasa pengiriman barang dengan ongkos 15 Riyal dibawah 20 Kg,"  katanya.

Bergerak ke Mekkah
Sementara sesuai jadwal, sekitar pukul 14.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau pukul 19.00 WIB, Jumat (28/7) jemaah haji Kloter 2 Palembang akan bergerak ke Kota Mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah.

Perjalan ke Mekkah ditempuh sejauh 700 Km, dengan lama perjalanan 6-7 jam dengan menggunakan bus yang sudah disiapkan Panitia Haji yang dikelolah Muasasah. Namun sebelum itu, jemaah lebih dahulu singgah ke Zulkhulaifah (Bir Ali) untuk mengambil Miqat niat Umrah.

Diperkirakan sekitar pukul 21.00 WAS atau pukul 02.00 WIB, Sabtu (28/7) Jemaah haji tiba di Kota Mekkah. "Untuk pelaksanaan Thawaf dan Sai umrah, kami menunggu komando dari Ketua Kloter," kata Slamet Hariono, seraya menambahkan, hingga jelang keberangkatan ke Mekkah, jumlah jemaah Kloter 2 lengkap.

Penulis: Husin
Editor: muhammad husin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved