Breaking News:

Berita Palembang

Belum Dioperasikan untuk Umum, Puluhan Masyarakat Antusias Jajal LRT Meski Sempat Gemetar

Meski belum dibuka untuk umum, namun masyarakat Sumsel khususnya Palembang sudah ramai menjajal naik moda transportasi anyar LRT

Penulis: Odi Aria Saputra | Editor: Reigan Riangga
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Salah satu penumpang LRT yang menjajal moda transportasi penunjang Asian Games 2018. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Meski belum dibuka untuk umum, namun masyarakat Sumsel khususnya Palembang sudah ramai menjajal naik moda transportasi anyar Light Rail Trainsit (LRT), Kamis (26/7/2018).

Dari pantauan Sripoku.com, terlihat sejak pagi puluhan penumpang baik masyarakat umum dan para pelajar yang masih menggunakan seragam lengkap telah ramai menunggu kedatangan kereta di stasiun DJKA Opi Mal dan Stasiun Jakabaring Palembang.

Para penumpang pada umumnya mengaku penasaran hendak menjajal infrastruktur penunjang Asian Games 2018 tersebut. Sebab, sejak beberapa hari terakhir terlihat si ular besi terus wara-wiri di atas rel.

"Awalnya jujur waktu mau naik itu sempat gemetar, apalagi kan LRT memang berbeda karena relnya berada di atas, ujar Dinda seorang mahasiswa yang menjajal LRT.

Baca: Kacap Di Bawah LRT --Genangan Air Di Bawah Light Rail Transit Palembang

Bersama ketiga rekannya, mahasiswa cantik ini berangkat dari Stasiun Jakabaring dengan tujuan stasiun Bumi Sriwijaya.

Terlihat puluhan masyarakat nampak antusias menjajal moda transportasi LRT, Kamis (26/7/2018).
Terlihat puluhan masyarakat nampak antusias menjajal moda transportasi LRT, Kamis (26/7/2018). (SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA)

Diakui gadis ini ia sangat penasaran hendak mencoba naik LRT, apalagi transportasi tersebut pertama kalinya di Indonesia.

"Kita harus bangga punya LRT, karena kita kota pertama loh yang punya LRT. Keretanya nyaman, bersih dan cocok untuk spot foto," jelasnya sambil tersenyum simpul.

Baca: Shelter Penunjang Stadiun LRT Dibangun di Titik Terdekat dan Disediakan Wi-Fi

Senada, Herlianto penumpang lainnya juga mengaku sangat antusias dengan adanya moda transportasi LRT. Maka dari itu ia mengajak kekasihnya untuk mencoba LRT dari stasiun Bumi Sriwijaya sampai SMB II.

Jadwal kereta LRT di salah satu stasiun.
Jadwal kereta LRT di salah satu stasiun. (SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA)

"Penasaran aja mau coba LRT, sekarang kan sudah kita lihat sering mondar-mandir di atas. Ternyata transportasi ini sangat cocok di kota Palembang yang macet," jelasnya.

PPK LRT Sumsel, Suranto menjelaskan saat ini operasional LRT memang belum dibuka untuk umum dab masih dalam tahap ujicoba terbatas. Akan tetapi bagi penumpang umum yang hendak menaiki LRT masih tetap bisa dilayani oleh petugas.

"Kalau coba boleh, tapi belum operasional untuk umum. Kami liat juga penumpang dari Bandara ke Jakabaring sudah ada juga yang bawa koper. Artinya tetap dilayani," jelasnya.

Baca: 1 Agustus 2018 LRT Dibuka Untuk Umum, Berikut Tata Cara Naik LRT Dengan atau Tanpa e-Money

Dalam tahap ujicoba terbatas tersebut pihaknya sudah membuka 4-6 stasiun dengan keberangkatan 2 trainset dalam seharinya. Adapun stasiun yang sudah dibuka yakni DJKA, Jakabaring, Bumi Sriwijaya, Anpera, Cinde dan Bandara.

Suranto menambahkan, antusias masyarakat penumpang cukup tinggi untuk mencoba LRT. Namun pihaknya juga sangat mewanti-wanti apabila ada lonjakan penumpang umum hendak menjajal LRT. Sebab, saat ini pihaknya masih tengah fokus untuk melakukan ujicoba terbatas.

Baca: Baru 3 Trainset Tersertifikasi, LRT Utamakan Keselamatan dan Kenyamanan Penumpang

"Dikhawatirkan animo warga tinggi membuat kita kesulitan mengaturnya. Jangan sampai saat ujicoba baik dan layani tamu Asian Games bermasalah. Jadi kita benar-benar fokus untuk Asian Games dahulu," ungkapnya. 

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved