Tahun 2019, Indonesia Ditarget Merdeka Internet

Menkominfo Rudiantara menargetkan seluruh wilayah di Indonesia akan terhubung dengan jaringan internet pada 2019 mendatang.

Tahun 2019, Indonesia Ditarget Merdeka Internet
Pixabay
Ilustrasi - Radio Tower Interne. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Menkominfo Rudiantara menargetkan seluruh wilayah di Indonesia akan terhubung dengan jaringan internet pada 2019 mendatang.

Berita Lainnya:
My Republic Tawarkan Internet Kecepatan Tinggi tapi tak Bikin Kantong Bolong

"Sesuai dengan agenda Pemerintahan Pak Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, Kominfo dan BAKTI menyediakan akses untuk seluruh masyarakat Indonesia. Membangun dengan Indonesia Sentris mulai dari pinggiran agar setara dengan di Jawa, Sumatera dan Kalimantan," kata Menteri Kominfo Rudiantara dalam Kunjungan Kerja untuk melihat pembangunan Palapa Ring Timur dan BTS 3T di SMKN 1 Mulia Kab. Puncak Jaya, Papua seperti dikutip dalam keterangan persnya, Rabu (18/7/2018).

Agenda Pemerintah untuk memastikan pemerataan pembangunan bidang telekomunikasi terwujud bertahap. Melalui penyediaan akses telekomunikasi USO dan internet rakyat, Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun Base Tranceiver Station (BTS) di kawasan terdepan, terluar dan tertinggal (3T) dan akses internet untuk sekolah serta Puskesmas.

Indonesia Sentris menurut Menteri Rudiantara merupakan cara yang dilakukan pemerintah sesuai dengan Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

"Pinggiran bukan terpinggirkan, tapi bagian dari NKRI yang harus dijaga seutuhnya. Puncak Jaya ini tengahan (karena berada di tengah Papua) dan kita selalu bekerja untuk adik-adik kita dan masa depan yang lebih baik," jelasnya.

Bahkan Menteri Kominfo menargetkan seluruh kabupaten dan kota di Indonesia akan terhubung dengan jaringan backbone internet cepat pada Tahun 2019.

"Ini kebijakan keberpihakan pemerintah untuk memastikan seluruh rakyat bisa akses internet cepat," tandasnya.

Akses telekomunikasi dalam pandangan Menteri Kominfo merupakan hak warga negara Indonesia. "Bulan depan Indonesia sudah merdeka 73 tahun, kita sudah merdeka dari penjajah tapi belum merdeka dari internet," ungkapnya.

Menghubungkan Tanah Papua dengan Telekomunikasi dan Internet Tanah Papua, menurut Menteri Kominfo merupakan berkah besar bagi Bangsa Indonesia.

"Tanah Papua beri berkah bagi kita, tadi dalam perjalanan ke sini diberitahu Pak Sekda Prov itu di gunung situ emas paling besar. Dulu banyak orang tinggal ambil saja, hanya saja untuk menerimanya saya harus terbang," tuturnya mengagumi keindahan dan potensi Papua.

Penulis: Hendra Gunawan

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://www.tribunnews.com/techno/ dengan Judul:
Tahun Depan, Indonesia Ditarget Merdeka Internet

Editor: Bejoroy
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved