Berita Palembang

Cegah Penyebaran Berita Hoax, Begini Upaya yang Dilakukan Kemenkominfo & Penggerak Budaya Nusantara

Acara tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencegah dan memerangi penyebaran berita hoax

Cegah Penyebaran Berita Hoax, Begini Upaya yang Dilakukan Kemenkominfo & Penggerak Budaya Nusantara
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Penggerak Budaya Nusantara bersama Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo RI menyelenggarakan acara yang bertajuk Harmoni Indonesia, bertemakan Bersama Dalam Harmoni Untuk Indonesia Sejahtera di Griya Agung Pemprov Sumatera Selatan (17/7/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Penggerak Budaya Nusantara bersama Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo RI menyelenggarakan acara yang bertajuk Harmoni Indonesia, bertemakan Bersama Dalam Harmoni Untuk Indonesia Sejahtera di Griya Agung Pemprov Sumatera Selatan (17/7/2018).

Acara tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencegah dan memerangi penyebaran berita hoax yang turut berkembang pesat seiring perkembangan teknologi.

Selain itu, munculnya gagasan ini bermulai dari kekhawatiran akan berita hoax yang akan menggangu perdamaian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang notabene terdiri dari beragam budaya, agama, bahasa, suku dan ras.

Acara itu juga dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat maupun pemerintah seperti Kementerian Kominfo RI, pejabat pemerintah daerah Sumatera Selatan, Kepolisian dan TNI, tokoh agama/ulama Sumatera Selatan, seniman atau budayawan, organisasi masyarakat, organisasi pemuda, mahasiswa/pelajar, santri dan masyarakat sekitar.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel Inanda Karina Astari Fatma mengatakan, kegiatan dari Kemenkominfo ini bersama Pengggerak Budaya Nusantara untuk menggerakan baik masyarakat, komunitas, Ormas, LSM dan lainnya mendeklarasikan anti hoax.

“Memang ini adalah program nasional. Jadi ratusan orang yang hadir malam ini (kemarin-red) untuk diajak mendeklarasikan anti hoax di Bumi Sriwijaya,” ujar Inanda.

Selain itu, dalam kesempatan ini mereka semua akan melakukan diskusi antara forum, FKPD dan tokoh agama untuk membahas isu utama apa yang sedang marak saat ini. Kemudian bagaimana langkah selanjutnya untuk memerangi peredaran hoax.

“Kita harap Sumsel terjaga kondusifitasnya. Jadi zero konflik di Sumsel yang sudah mendunia ini bisa tetap bertahan,” ungkap Inanda.

Baca: SFC vs Mitra Kukar, Berikut Susunan Formasinya Tanpa 8 Pemain Bintang

Baca: Berkat Kopi Bisa Berangkat Haji, Kisah Petani Asal OKUS Kerja Keras demi Terbang ke Tanah Suci

Baca: Anak Denada Derita Leukimia, Ternyata Bisa Dipicu dari Pakaian dan Sepatu, Ini Cara Menghindarinya

Baca: Gara-Gara Ada ‘Campur Tangan’ TNI AD, Lihat Rumah Lalu Muhammad Zohri Sekarang

Baca: Sriwijaya Vs Mitra Kukar - Babak Pertama Laskar Wong Kito Tertinggal 1-0 

Baca: Jam Kerja Tak Sesuai Aturan, 48 Karyawan di Lahat Protes, Ini Daftar Tuntutannya

Baca: Aurel Hermansyah Bocorkan Chatnya dengan Ashanty di Instagram, Isinya Jadi Perbincangan Warganet

Baca: Kiper Idaman yang Jadi Incaran, Telah Capai Kesepakatan dengan Real Madrid

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved