Pemilihan Gubernur Sumsel

Penetapan Gubernur Sumsel Terpilih, KPU Masih Tunggu Keputusan MK

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel masih menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait adanya gugatan

Penetapan Gubernur Sumsel Terpilih, KPU Masih Tunggu Keputusan MK
SRIPO/ABDUL HAFIZ
Komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum, Ahmad Naafi SH MKn 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel masih menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait adanya gugatan di Pilgub Sumsel oleh paslon nomor 4 pasangan Dodi-Giri.

Apabila tiga hari setelah penetapan diterima tidaknya perkara, alias tak ada lagi permasalahan hukum atau sengket pilkada, maka KPU Sumsel baru bisa melakukan penetapan Gubernur Sumsel terpilih sesuai hasil rekapitulasi final KPU.

"Tiga hari setelah keputusan MK, baru bisa dilakukan penetapan. Kita juga masih tunggu hasil. Artinya kalau tak ada lagi perkara maka bisa kita lanjutkan ke tahapan selanjutnya," ujar komisioner KPU Sumsel, Ahmad Naafi, Senin (16/7/2018).

Diakui Naafi, KPU Sumsel menghormati seluruh upaya hukum yang dilakukan pasangan calon ataupun tim kuasa hukum dalam hal menuntut adanya dugaan pelanggaran.

Baca: KPU Sumsel Verifikasi Berkas 33 Bacaleg DPD RI, Umumkan Usai Tanggal 18 Juli 2018

Dengan adanya paslon yang menggugat ke MK, maka KPU Sumsel bakal menunda penetapan gubernur-wakil gubernur Sumsel terpilih sampai adanya keputusan inkrah dari MK.

"Apabila tak ada sengketa bisa ditetapkan KPU, tetapi ini ada. Intinya, jika permasalahan hukum di MK selesai dan kita menerima surat resmi dari MK baru bisa melakukan penetapan," tegasnya

Naafi menambahkan pihaknya telah melihat nomor register perkara gugatan yang diajukan salah satu paslon gubernur tersebut. Namun informasi yang pihaknya dapatkan perkara pilkada Sumsel belum teregistrasi.

"Kalau didaftarkan itu sudah, tapi informasinya gugatan sengketa pilkada belum teregistrasi di MK," jelasnya. 

Baca: Paslon Dodi-Giri Gugat ke MK, KPU Sumsel Tunda Penetapan Gubernur-Wakil Gubernur Terpilih

Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved