Tak Disangka, Kejiwaan Manusia Bisa Dijelaskan Simpanse

Banyak yang mengaitkan kemungkinan manusia dan Simpanse ada persamaan dan bahkan menyebutkan manusia merupakan proses evolusi dari Simpanse.

Tak Disangka, Kejiwaan Manusia Bisa Dijelaskan Simpanse
kompas.com
Simpanse 

SRIPOKU.COM--  Cukup banyak teori yang selama ini mengkait-kaitkan ada kemungkinan manusia dan Simpanse ada persamaan.

Bahkan lebih ekstrem lagi ada teori menyebutkan manusia merupakan proses evolusi dari Simpanse.

Namun dikaitkan nuansa keagamaan --terutama Islam, teori-teori demikian tidak bisa dijadikan patokan sebagai landasan karena Allah sudah menjelaskan dalam Al Quran bahwa manusia merupakan keturunan Adam diciptakan dari tanah dan Hawa dari tulang rusuk Adam.

Meski demikian, patut juga dijadikan sebagai penambahan wawasan terkait adakah Manusia dan Simpanse punya kesamaan sesama makhluk Allah.

Simpanse adalah hewan yang memiliki kedekatan dengan manusia.

SIMPANSE ADOPSI
SIMPANSE ADOPSI ()

Namun, sebagai sebuah kajian keilmuan tentang adanya kemungkinan simpanse memiliki kepribadian yang sama seperti manusia sebenarnya tidak begitu  populer hingga akhir tahun 1990-an.

Baru akhir-akhir ini saja, diketahui bahwa simpanse --sebagai hewan peliharaan, ternyata dapat menjadi pribadi yang menyenangkan, neurotik, empatik, bahkan psikopatik karena struktur otak mereka.

Temuan ini diharapkan dapat membantu kita memperoleh pemahaman lebih tentang sakit   jiwaan pada manusia.

Penelitian mengenai kepribadian simpanse dan struktur otak mereka digagas oleh Georgia State University di Amerika Serikat.

Idenya adalah kepribadian simpanse berkembang tidak hanya karena faktor genetik dan saraf, tetapi juga dibentuk oleh faktor sosial dan budaya.

Halaman
123
Penulis: Salman Rasyidin
Editor: Salman Rasyidin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved