Asian Games 2018

Maskot Asian Games 2018 Mulai Warnai Pertokoan dan Sudut-sudut Kota Palembang

Menjelang opening ceremony event akbar pesta olahraga tersebar negara se-Asia, yakni Asian Games 2018 tinggal hitungan hari

Penulis: Reigan Riangga | Editor: Reigan Riangga
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Maskot Asian Games 2018, Bhin Bhin, Atung dan Kaka nampak telah menghiasi sejimlah toko dan beberapa sudut kota Palembang. 

 Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan Riangga

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Menjelang opening ceremony event akbar pesta olahraga tersebar negara se-Asia, yakni Asian Games 2018 tinggal hitungan hari, tepatnya akan dilangsungkan pada tanggal 18 Agustus mendatang.

Sejumlah perbaikan baik, infrastruktur maupun fasilitas penunjang lainnnya telah disiapkan pihak terkait demi kelancaraan event empat tahunan tersebut.

Tidak hanya sejumlah fasilitas fisik, seperti venue pertandingan maupun sarana transportasi, baik laut, darat maupun udara yang dioptimalkan, namun Merchandise seperti maskot Asian Games 2018, yakni Bhin Bhin, Atung dan Kaka, nampaknya telah menghiasi serta mewarnai sudut-sudut Kota Palembang, misalnya halte Trans Musi dan tiang-tiang LRT.

Baca: Jadwal Pertandingan Terlengkap dan Harga Tiket Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang

Pantauan Sripoku.com, Selasa (10/7/2018), nampak pernak-pernik seputar Merchandise Asian Games 2018 telah banyak menghiasi, toko-toko (tenat), restorant, hotel, bahkan mall-mall yang ada di Kota Palembang.

Maskot Asian Games 2018, Bhin Bhin, Atung dan Kaka nampak telah menghiasi sejimlah toko dan beberapa sudut kota Palembang.
Maskot Asian Games 2018, Bhin Bhin, Atung dan Kaka nampak telah menghiasi sejimlah toko dan beberapa sudut kota Palembang. (SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA)

"Untuk Kaos, boneka serta topi bertemakan Asian Games 2018 memang sedang banyak digandrungi masyarakat tidak hanya dari Palembang, tapi juga banyak warga dari luar Palembang," jelas Adit pegawai Tenant Kaos Nyenyes Palembang.

Baca: Karya 350 Anak Bangsa, Panggung Gunung Pembukaan Asian Games 2018 Bakal Pecahkan Rekor

Maskot Asian Games 2018 Indonesia, Jakarta dan palembang sebagai tuan rumah melambangkan tiga hewan khas dari republik ini, antara lain;

1. Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi.

Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.

Kampung hias Asian Games menjadi destinasi wisata baru di Kota Palembang, Minggu (24/6/2018).
Kampung hias Asian Games menjadi destinasi wisata baru di Kota Palembang, Minggu (24/6/2018). (SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA)

2. Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.

3. Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

Baca: Ini Harga Tiket Pembukaan dan Penutupan Asian Games 2018, Begini 3 Cara Mudah Membelinya

Tidak hanya Maskot Asian Games 2018 yang sedang marak di Kota pempek ini, bahkan beberapa waktu lalu, pemerintah daerah juga mengadakan lomba kampung hias Asian Games dengan berhadiahkan tiga ekor sapi.

Perombaan kampung hias Asian Games
Perombaan kampung hias Asian Games (Sripoku.com)

Melalui seleksi secara ketat dari 72 kampung dari 18 kecamatan se-Kota Palembang yang mengikuti lombang kampung hias Asian Games,

Akhirnya panitia memutuskan, satu kampung yang berada di Gang Masjid RT 18, Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan, sebagai pemenang.

Kampung 'Cempaka' ini dipilih sebagai pemenang karena pertimbangan upaya masyarakat sekitar yang menghias tempat tinggal mereka dengan corak warna-warni logo Asian Games, kampung ini pun berhak mendapat hadiah tiga ekor sapi.

Baca: Yuk Kenalan dengan Tiga Maskot Lucu Asian Games 2018, Bhin Bhin, Atung dan Kaka

Juara kedua didapatkan oleh warga Lorong Mari, RT 2 RW 1, Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju dengan total skor 267 dengan hadiah dua ekor sapi.

Kemudian juara ketiga, yakni Kampung Jalan Taman Sari RT 2, Kelurahan Srijaya, Kecamatan Alang-Alang Lebar, dengan total skor 243 dan mendapatkan satu ekor sapi.

Baca: Ini Solusi Macet Saat Asian Games, Pemprov Sumsel Kebagian 5 Unit, Atlet Bebas Wisata di Sungai Musi

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved