Sering Diabaikan, Ini 5 Gejala Gula Darah Sedang Tinggi, No 1 Mudah Diketahui

Berikut ada beberapa tanda saat gula darah melonjak tinggi, kenali dan jangan abaikan.

Sering Diabaikan, Ini 5 Gejala Gula Darah Sedang Tinggi, No 1 Mudah Diketahui
ilustrasi

SRIPOKU.COM - Hiperglikemia atau juga sering dikenal kadar gula darah tinggi merupakan penyakit umum yang diderita banyak orang.

Gula darah tinggi ini terjadi ketika tubuh tidak memiliki insulin yang memadai akibat tubuh mengalami resistensi insulin. Insulin sendiri kebaradaannya sangat penting untuk meyalurkan gula darah ke seluruh sel tubuh dan mengubahnya menjadi energi.

 Saat gula darah tinggi diabaikan bisa memicu penyakit berbahaya seperti penyakit diabete, kanker, jantung, stroke dan gangguan sistem metabolik.

Gula darah tinggi memang kerap dikaitkan dengan penderita diabetes, namun orang yang tidak memiliki diabetes juga bisa memiliki masalah ini. Nah berikut ada beberapa tanda saat gula darah melonjak tinggi, kenali dan jangan abaikan.

1. Muncul Jerawat

Ilustrasi Jerawat
Ilustrasi Jerawat (ilustrasi)

 Jika muncul jerawat terlalu sering dan jumlahnya banyak anda harus segera mengecek gula darah anda. Karena jerawat juga bisa muncul akibat gula darah tinggi.

Kadar glukosa yang sangat tinggi bisa memicu insulin memproduksi kelenjar minyak lebih banyak dan hal ini akan memicu peradangan di kulit anda dan munculan jerawat.

2. Sering Haus dan Ingin Kencing Terus

Ilustrasi Haus
Ilustrasi Haus (ilustrasi)

 Gula darah yang tinggi bisa memicu rasa haus tanpa henti, ini akibat fungsi ginjal yang terganggu akibat gula darah yang tidak stabil. Biasanya disertai rasa ingin kencing terus menerus, namun air yang keluar kadang sedikit dan warna keruh pucat.

3. Mudah Lelah

Ilustrasi Lelah
Ilustrasi Lelah (ilustrasi)
Halaman
12
Editor: Shafira Rianiesti Noor
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved