Berita Palembang

Kapolda Sumsel Sebut Satu TPS Satu Polisi

Khusus untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dinilai rawan, disiagakan satu petugas kepolisian yang berjaga.

Kapolda Sumsel Sebut Satu TPS Satu Polisi
SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA
Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkanain Adigenara bersama Ketua KPU Sumsel usai teleconpren perisana pilkada serentak di Mapolda Sumsel, Senin (25/6/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Welly Hadinata

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Khusus untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dinilai rawan, disiagakan satu petugas kepolisian yang berjaga.

Bahkan petugas kepolisian terus melakukan penjagaan secara melekat, dari pemungutan hingga perekapan suara.

"Dari 16.903 TPS yang ada di Sumsel, memang ada TPS yang dinilai rawan. Khusus untuk TPS yang masuk kategori rawan dua itu dijaga satu polisi yang dibantu dua linmas," ujar Kapolda Sumsel Irjen Po Zulkarnain Adinegara, Senin (25/6/2018).

Jenderal bintang dua ini menegaskan, pihak penyelenggara di Sumsel siap untuk menggelar pilkada serentak. Sebanyak 16.903 TPS yang ada, mayoritasnya aman.

TPS terbagi dalam ketegori TS aman, TPS rawan satu, dan TPS rawan dua. Namun semua TPS tetap dalam penjagaan petugas kepolisian.

Dalam penyelenggaraan pilkada serentak ini, dikerahkan sebanyak 9.936 petugas kepolisian. Bahkan khusus untuk berjaga di TPS, dikerahkan sebanyak 6.453 petugas kepolisian.

Baca:

3 Hal yang Dapat Jadi Pemicu Tubuh Jadi Gemuk, Salah Satunya Tidak Sarapan, Jangan Dianggap Sepele

10 tahun Vakum, Mantan Artis Cilik Ini Ungkap Alasannya Kembali Berakting, Karena Tugas Mulia Ini

"Selain satu polisi untuk satu TPS rawan dua, TPS lainnya juga tetap dipantau. Jadi dibagi lagi yakni dua polisi untuk 4-5 TPS. Intinya tergantung kerawanan TPS dan semuanya dipantau polisi yang juga dibantu TNI," ujar Zulkarnain.

Mengenai lokasi dimana saja yang termasuk TPS rawan dua, Zulkarnain mengatakan, secara umum yang rawan dua itu ada di wilayah Kabupaten Empatlawang, kawasan peraiaran, dan wilayah perbatasan.

Namun semuanya sudah diantisipasi petugas. Bahkan khususnya untuk Empatlawang, satu kecamatan di Empatlawang disiagakan satu pleton Brimob yang totalnya ada 10 kecamatan.

Mabes Polri telah mengirimkan pasukan Brimob melalui Polda Bengkulu untuk merapat ke Empatlawang. Sedangan Polda Sumsel juga telah mengirim pasukan Brimob yang sudah siaga sebelumnya.

"Saya juga sudah koordinasi dengan bapak Pangdam II Sriwijaya (Mayjen TNI AM Putranto) yang juga mengerahkan sebanyak 4.989 anggota TNI untuk pengamanan pilkada di Sumsel. Bahkan ada juga anggota TNI yang ON CALL dan siap siaga jika dibutuhkan," ujar Zulkarnain.

Kesiapan penyelenggaraan pilkada serentak di Sumsel, Zulkanain mengatakan, bahwa kesiapan ini sudah disampaikan langsung kepada Menkopolkam dan Mendagri melalui teleconprence di Mapolda Sumsel secara nasional. Penyampaian ini didampingi bersama Ketua KPU Sumsel dan Ketua Bawaslu Sumsel.

"Saya rasa Sumsel aman-aman saja pada pilkada nanti, karena masyarakat Sumsel ini cerdas dan santun. Namun petugas tetap siaga berjaa dari pemungutan suara hingga perekapannya," ujar Zulkarnain.(*)

Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved