Breaking News:

Jika Kita Berhenti Olahraga, Benarkah Otot Bisa Mengecil?

Membentuk tubuh berotot butuh kerja keras dan kegigihan tingkat tinggi. Namun setelah mendapatkannya dengan susah payah, benarkah otot

Editor: Bedjo
Shutterstock
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM - Membentuk tubuh berotot butuh kerja keras dan kegigihan tingkat tinggi. Namun setelah mendapatkannya dengan susah payah, benarkah otot yang didapat itu bisa mengecil apabila kita berhenti olahraga?

Selama berolahraga, tubuh sebenarnya tidak menciptakan otot baru melainkan menempa otot yang sudah ada agar jadi lebih besar dan kuat.

Berita Lainnya:
Stop Jadi Atlet Voli & Jadi Top Model di Rusia, Tak Disangka Rahasia Wanita Ini Bikin Pria Lemes

Olahraga teratur juga dapat memperlebar pembuluh agar memperlancar aliran darah menuju sel-sel otot tersebut untuk merangsangnya lebih aktif bekerja. Sebagai hasilnya, massa otot akan terlihat lebih besar dan jelas.

Nah ketika kita berhenti olahraga, aliran darah tidak akan lagi terfokus menuju sel-sel otot. Tubuh juga mulai menyesuaikan diri dengan perubahan gaya hidup yang baru dengan kembali mempersempit pembuluh kapiler tubuh.

Aliran darah yang berkurang menuju otot membuat otot-otot yang tadinya sudah terbentuk kini jadi mengecil dan berkurang massanya, bukan hilang sepenuhnya.

Pete McCall, seorang ahli latihan fisiologis di American Council on Exercise menyatakan lama-lama otot menyadari bahwa ia tidak perlu lagi menyimpan energi terlalu banyak.

Akibatnya, glikogen yang tersimpan pada otot menurun yang bisa menjadikan massa otot mengecil (atrofi otot) karena sudah tidak lama dipakai karenna kurangnya aktivitas fisik.

Maka dari itu otot akan terlihat mengecil, bukan lantas hilang total, setelah berhenti berolahraga.

Bayangkan saja sebuah balon yang diisi udara, kemudian dikempiskan lagi perlahan-lahan. Kira-kira begitulah efek yang terjadi pada otot setelah kita berhenti olahraga.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved