Pemilihan Walikota Palembang

Debat Publik Pilkada Palembang, Penampilan Paslon Sarimuda-Rozak dan Akhor Menonjol

Secara obyektif harus diakui bahwa dalam acara debat publik pemilihan kepala daerah Walikota dan Wakil Walikota Palembang

Debat Publik Pilkada Palembang, Penampilan Paslon Sarimuda-Rozak dan Akhor Menonjol
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Paslon Walikota Palembang HM Akbar Alfaro BBus dan Cawawakonya Hernoe Roespridjaji SSos. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Secara obyektif harus diakui bahwa dalam acara debat publik pemilihan kepala daerah Walikota dan Wakil Walikota Palembang, Paslon Sarimuda-Rozak dan Paslon Akbar Alfaro-Hernoe tampil lebih menonjol ketimbang paslon lainnya.

Pengamat politik Drs Bagindo Togar Butar Butar mengatakan, Paslon nomor urut 1 yang juga merupakan petahana, walaupun telah mengawali penampilannya dengan baik. Namun terlihat terteter di segemen berikutnya.

Bahkan ada kesan petahana membiarkan dirinya menjadi sasaran tembak alias bulan-bulanan dari Paslon lawan.

Ditambah Fitrianda yang berkali-kali mencoba memberi tambahan penjelasan namun dengan melanggar batas waktu yang diberikan.

Paslon 4 juga hampir tak berbeda jauh. Penjelasan yang terlalu banyak berputar-putar dan mengulang mengakibatkan konten pesan yang ingin disampaikan menjadi tak jelas.

Baca: Debat Publik Paslon Walikota Palembang: Ini Jawaban Harfit Saat Ditanya Paslon Akbar Alfaro-Hernoe

Belum lagi beberapa kali paslon nomor urut 4 terlihat keliru dalam memahami konsep yang diajukan Penelis.

"Seperti tentang indikator IPM yang ditanyakan paslon nomor urut 1 yang dijawab dengan penjelasan berulang tentang ASN oleh paslon nomur urut 4."

"Juga jawaban Saidina Ali paslon nomor urut 4 yang menyebutkan bahwa taxi online termasuk moda transportasi massal menunjukkan kegamangan paslon ini dalam menghadapi acara debat ini. Boleh jadi menunjukkan kurangnya persiapan," kata Bagindo yang juga Direktur Eksekutif Forum Demokrasi Sriwijaya (ForDes).

Pemerhati Politik ini juga mengatakan, dalam hal cara penyampaian seperti akses, intonasi dan power suara, Akbar Alfaro terlihat paling menonjol.

Baca: Visi Misi Jadi Tumpuan Paslon Pilwako Palembang dalam Debat Publik

Mengejutkan, Akbar Alfaro yang praktis merupakan Paslon paling muda dan minim pengalaman di bidang pemerintahan mampu menyampaikan pesan-pesan tentang program-programnya dalam nada suara yang tegas, lantang dan lugas serta tidak terlihat membaca.

Sebaliknya paslon Sarimuda-Rozak walaupun tidak terlalu menonjol dalam cara penyampaian tapi berhasil menyampaikan pesan-pesannya secara lebih lengkap dalam acara debat ini.

Paslon Sarimuda-Rozak mampu memanfaatkan waktu yang tersedia dalam acara debat ini untuk menyampaikan visi dan misi nya secara lebih konkrit dan terlebaorasi dengan baik.

Baca: Malam Ini KPU Gelar Debat Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Palembang Periode 2018-2023

Paslon ini tidak hanya sekedar menyampaikan tentang visi Palembang Gemilang Darusalam yang ditunjukkan dengan infraastruktur yang baik, masyarakat yang sejahtera, tata kelola pemerintahan yang amanah,

jujur dan bebas suap tetapi juga meberikan cara-cara untuk mencapai cita-cita tersebut memalui sejumlah program yang disampaikan berkali-kali dalam setiap segmen pada debat kandidat semalam (22 Juni) di salah satu Hotel Berbintang di Palembang. 

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved