Berita Palembang

Takut Kena Denda, Ratusan WP Serbu Kantor Samsat Palembang

Tak sedikit pula para WP juga terpkasa duduk di luar ruangan lantaran saking ramainya warga membayar pajak.

Takut Kena Denda, Ratusan WP Serbu Kantor Samsat Palembang
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Ratusan wajib pajak (WP) membludak membayar pajak di Kantor Samsat Palembang II di Kompleks OPI Mall, Kamis (21/6/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Hari pertama pelayanan usai libur lebaran 2018, kantor layanan samsat Palembang II di Kompleks Ruko OPI Mall langsung diserbu oleh ratusan Wajib Pajak (WP) untuk menunaikan kewajibannya, Kamis (21/6/2018).

Antrean panjang terlihat hingga keluar kantor Samsat Palembang II.

Ratusan warga nampak sibuk wara-wiri membawa berkas mereka untuk membayar pajak.

Tak sedikit pula para WP juga terpkasa duduk di luar ruangan lantaran saking ramainya warga membayar pajak.

Selain kantor Samsat, ratusan wajib pajak juga nampak memadati mobil samsat keliling yang berada di samping kantor samsat.

Wajib pajak (WP) antre membayar pajak kendaraan di mobil samsat keliling yang berada di samping Kantor Samsat Palembang, Kamis (21/6/2018).
Wajib pajak (WP) antre membayar pajak kendaraan di mobil samsat keliling yang berada di samping Kantor Samsat Palembang, Kamis (21/6/2018). (SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA)

Tak hanya itu, samsat corner yang berada di lantai II OPI Mall juga membludak diserbu WP.

Herryandi Sinulingga Ap, Kepala UPT Bapenda Prov Sumsel Palembang II mengatakan hari pertama kerja usai cuti lebaran tahun 2018 ramai warga patuh pajak membayar kewajibannya membayar pajak kenderaan bermotor di kantor Samsat Palembang II.

Kendati antrean membludak hingga keluar kantor samsat, namun tak ada permasalahan berarti.

"Seluruh petugas layanan kita kerahkan untuk memberikan pelayanan terbaik. Tadi sempat terganggu sekitar 5 menit, tapi langsung kembali normal," katanya.

Untuk mengantisipasi lonjakan dan atrian panjang layanan Samsat di Kantor UPTB Samsat Palembang II pasca masuk kerja, pihaknya mengantisipasi antrian denhan mengalihkan layanan mobil Samling yang berada di halaman Kantor samsat Palembang II.

"Dengan adanya pengerahan samling di satu wilayah layanan kami dapat mengoptimalkan layanan samsat. Syukur semua terlayani dengan baik," jelasnya.

Sinulingga menambahkan, rata-rata WP yang menunaikan kewajibannya lantaran habis masa berlaku administrasi ranmornya atau jatuh tempo pada tanggal 11 Juni 2018 sampai dengan 20 Juni 2018 dan dapat memperpanjang pada 21 Juni 2018 (tidak dikenakan denda, red).

Ia menegaskan, hanya 1 hari kompensasi layanan tanggal 21 Juni 2018 usai cuti bersama yang tidak dikenakan denda.

Terhitung tanggal 22 Juni dan seterusnya akan dikenakan denda apabila telat membayar.

"Rata-rata yang bayar pajak jatuh tempo denda pada libur lebaran kemarin, jadi hari ini kompensasinya. Apabila lewat dari hari ini yang jatuh tempo akan dikenakan denda," jelasnya.

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved