Berita Palembang

Akhirnya! Dana PSG Triwulan II SMA dan SMK Cair Rp 78,8 M

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pendidikan Sumsel akhirnya mencairkan dana Program Sekolah Gratis (PSG) tri wulan II

Akhirnya! Dana PSG Triwulan II SMA dan SMK Cair Rp 78,8 M
Uang Indonesia 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pendidikan Sumsel akhirnya mencairkan dana Program Sekolah Gratis (PSG) tri wulan II untuk SMA dan SMK di Sumsel sebesar Rp78,8 Miliar.

Pencairan ini sebagaimana upaya Pemerintah sebagaimana merujuk dan mempedomani mengapresiasi para guru khususnya guru honor.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo MPd mengatakan, dana PSG Triwulan II kali ini meliputi April, Mei dan Juni tersebut sudah mencakup semua SMA/SMK di Sumsel baik negeri maupun swasta.

"Hari ini dana PSG sudah cair. Total seluruhnya ada Rp78,8 miliar dan sudah diterima ke rekening giro sekolah," ujarnya, Kamis (21/6/2018).

Ia menjelaskan, untuk SMA dan SMK negeri total sebesar Rp 48,7 miliar sedangkan untuk SMA dan SMK swasta total sebesar Rp 30,1 miliar.

Baca: Korban Hilang Bertambah Jadi 189 Orang, Ini 7 Fakta Terbaru Tenggelamnya Kapal di Danau Toba

Jumlah ini menurutnya sama dengan angka di triwulan I kemarin, mulai Januari, Februari dan Maret sebagaimana database jumlah siswa SMA dan SMK di Sumsel baik negeri maupun swasta.

"Perlu diketahui, untuk memperlancar distribusi dana PSG saat ini rekening diubah menjadi rekening giro karena keterlambatan kemarin karena ada beberapa rekening yang mati sehingga kita ambil kebijakan memakai rekening giro. Karena kalau rekening giro melekat dan tidak mati kapanpun," terangnya.

Baca: Alex Noerdin Sebut Pagaralam Kota Serpihan Surga. Ini Alasannya

Widodo memastikan bahwa pada triwulan ketiga yakni Juli, Agustus dan September tak ada keterlambatan pencairan. Hanya saja, untuk triwulan ketiga belum tahu berapa jumlahnya karena masuk tahun ajaran baru.

"Oleh karena itu, setelah PPDB selesai saya meminta kepada semua kepala sekolah untuk mengupdate database siswa terbaru," tegasnya.

Baca: Bolos Hari Pertama Kerja, Sanksi Tegas Hingga Pemecatan Menanti, tak Ada Toleransi 

Ia mengimbau agar update jumlah siswa di semua sekolah SMA dan SMK di Sumsel harus segera dilaporkan mengingat data tersebut akan segera diajukan dan menyesuaikan jumlah database terbaru untuk dana PSG triwulan ketiga.

"Artinya PPDB selesai, kepala sekolah harus segera melaporkan database terbaru agar pencairan tepat pada waktunya," ungkapnya. 

Penulis: Yuliani
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved