Piala Dunia 2018

Video Bantu Wasit Tentukan Penalti untuk Swedia Buat Kekalahan bagi Korea Selatan

Kemenangan Swedia ditentukan oleh penalti Andreas Granqvist pada menit ke-65 setelah wasit melihat tayangan Video Bantu Wasit.

Kompas.com
Andreas Granqvist sukses mengeksekusi penalti ke gawang Cho Hyun-woo pada laga Swedia vs Korea Selatan di Stadion Nizhny Novgorod, 18 Juni 2018. 

SRIPOKU.COM, RUSIA - Swedia mengalahkan Korea Selatan dengan skor tipis 1-0 pada laga penyisihan Grup F Piala Dunia 2018 di Stadion Nizhny Novgorod, Senin (18/6/2018).

Kemenangan Swedia ditentukan oleh penalti Andreas Granqvist pada menit ke-65. Vonis penalti ini didapat setelah wasit meninjau tayangan ulang melalui Video Bantu Wasit atau  Video Assisten Referee (VAR).

Dengan hasil ini, Swedia menyamai Meksiko di puncak klasemen Grup F dengan koleksi tiga poin berkat kemenangan identik 1-0. Korea Selatan menemani Jerman di peringkat ketiga dan keempat.

Jika melihat data statistik, Swedia pantas menang karena menguasai laga dan menciptakan empat peluang emas.

Sebaliknya, Korea Selatan tidak mampu menciptakan satu tembakan tepat sasaran selama 90 menit pertandingan.

Pertandingan berjalan dengan tempo sedang pada 15 menit pertama. Kedua tim terlihat masih mencari-cari bentuk permainan terbaiknya di awal laga.

Peluang emas bagi Swedia terjadi pada menit ke-20. Marus Berg yang sudah berhadapan dengan kiper Cho Hyun-woo gagal memanfaatkan peluang. Tendangan kaki kirinya masih mengenai kaki sang kiper.

Tidak ada peluang yang tercipta sehingga babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Pada babak kedua, kedua tim bermain lebih terbuka dan silih berganti melancarkan serangan. Korea Selatan hampir saja mencetak gol andai sundulan Kim Shin-wook tidak membentur mistar gawang pada menit ke-52.

Terjadi insiden pada menit ke-62 saat Kim Min-woo melakukan tekel terhadap Viktor Claesson di kotak penalti. Wasit yang awalnya tidak menganggap pelanggaran memilih untuk melihat tayangan ulang lewat VAR.

Halaman
12
Editor: Tarso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved