Idul Fitri 1439 H

Ini Balasan Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Sesuai Hadis, Hingga Jawab 'Kapan Nikah'

Seluruh Umat Muslim di Nusantara bersucakacita menyambut Hari Kemenangan setelah menunaikan ibadah amaliah

Editor: Reigan Riangga
blogunik.com
Salam-salaman sambil mengucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. 

SRIPOKU.COM -- Seluruh Umat Muslim di Nusantara bersucakacita menyambut Hari Kemenangan setelah menunaikan ibadah amaliah Ramadan selama sebulan penuh. 

Bagaimana tidak, Pemerintah Republik Indonesia melalui Sidang Itsbat Kementerian Agama telah  menetapkan 1 Syawal 1439 H bertepatan dengan hari ini, Jumat (15/6/2018). 

Seperti halnya menyambut Ramadan, Umat Muslim juga bersukacita menyambut 1 Syawal yang berarti perayaan Salat Idulfitri 2018.

Saat Idul Fitri Anda bertemu seseorang atau keluarga lalu ia mengucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum ( semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian). 

Baca: Berkah Idul Fitri 1439 H, 807 Warga Binaan Lapas Kelas I Mata Merah Palembang Dapat Remisi

Atau mengucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minka (semoga Allah menerima (puasa dan amal) kami dan (puasa dan amal) Anda.

Lalu apa jawaban Anda?

Dikutip dari Bersamadakwah,net, ketika seorang Muslim bertemu dengan sesama Muslim pada momen Idul Fitri, para sahabat Nabi mencontohkan untuk mengucapkan selamat hari raya dengan ucapan sekaligus doa:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

(Taqabbalallahu minna wa minkum)

Yang artinya semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian.

“Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila bertemu di hari raya, mereka mengucapkan kepada sebagian lainnya: taqabbalallahu minna wa minka,” tulis Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab Fathul Baari.

Lalu bagaimana jawaban taqabbalallahu minna wa minkum?

Dalam riwayat sahabat dan salafush shalih yang sampai kepada kita, jawaban taqabbalallahu minna wa minkum adalah doa yang sama: taqabbalallahu minna wa minkum.

Dari Habib bin Umar Al Anshari, ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka ketika ia mengucapkan kepada Watsilah, “Taqabbalallahu minna wa minkum,” Watsilah menjawab, “Taqabbalallahu minna wa minkum.” (HR Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir)

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved