Berita Palembang

Uji Kelayakan Sopir, Perum Damri Tambah 75 Armada Antisipasi Lonjakan Penumpang Mudik Lebaran

Memasuki musim mudik lebaran berbagai armada transportasi baik udara, laut, dan darat menjadi prioritas setiap penyedia jasa angkutan

Uji Kelayakan Sopir, Perum Damri Tambah 75 Armada Antisipasi Lonjakan Penumpang Mudik Lebaran
SRIPOKU.COM/RANGGA ERFIZAL
Suasana arus mudik lebaran menggunakan Damri yang diprediksi terjadi lonjakan pada H-6 Lebaran, Jumat (8/6/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rangga Erfizal

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Memasuki musim mudik lebaran berbagai armada transportasi baik udara, laut, dan darat menjadi prioritas setiap penyedia jasa angkutan, termasuk Perum Damri cabang Kota Palembang.

Menurut Suranto, General Manager Perum Damri cabang Kota Palembang, pihaknya telah melakukan berbagai uji kelayakan terhadap para sopir Damri yang akan membawa penumpang dalam mudik lebaran 2018 ke berbagai tempat tujuan arus mudik.

"Selain memastikan kondisi mobil yang akan dibawa oleh para sopir. Kami selaku penyedia jasa angkutan juga telah melakukan berbagai ragam pengecekan. Seperti pengecekan surat-surat kendaraan, rekrutmen sopir yang melalui mekanisme yang pemeriksaan ketat. Bahkan para sopir yang akan membawa penumpang selalu di cek kondisi kesehatannya, terus rutin dilakukan pendeteksian dini penggunaan narkoba," ujarnya.

Prosedur yang dilakukan Damri merupakan antisipasi sekaligus cara untuk memastikan para penumpang dapat merasa aman ketika mudik lebaran.

Suasana arus mudik lebaran menggunakan Damri yang diprediksi terjadi lonjakan pada H-6 Lebaran, Jumat (8/6/2018).
Suasana arus mudik lebaran menggunakan Damri yang diprediksi terjadi lonjakan pada H-6 Lebaran, Jumat (8/6/2018). (SRIPOKU.COM/RANGGA ERFIZAL)

Baca:

Selang Beberapa Hari Ditinggal Sang Ayah, Olla Ramlan Dapat Perlakuan Manis Dari sang Adik

Pengunjung Honda Sport Motoshow Bisa Servis dan Ganti Oli Gratis, Ini Syaratnya!

"Bahkan para sopir pun ketika sampai ke lokasi tujuan langsung kita periksa kesehatannya. Untuk memastikan bahwa dirinya sehat," bebernya.

Selain memeriksa kesehatan, Damri akan menambah jumlah armada bus antar kota dan provinsi sebanyak 75 mobil bus, dimulai H-8 hingga H+8. Menurut Suranto, lonjakan penumpang di terminal Damri Palembang diperkirakan mulai meningkat pada H-6 lebaran karena jadwal cuti bersama lebih awal dari tahun sebelumnya.

"Mulai H-8 ini kami siapkan 75 armada bus keberangkatan dari palembang, kalau hari biasa cuma 56 unit, prediksi kami tahun ini jumlah pemudik meningkat, utamanya tujuan Pulau Jawa," ungkap Suranto.

Jumlah pemudik yang akan menggunakan jasa Damri diprediksi Suranto akan meningkat 25 persen dari musim mudik tahun 2017, apalagi dalam pengamatan pihaknya masyarakat sudah merasa nyaman dengan kualitas pelayanan dan fasilitas armada Damri.

"Damri setiap tahunnya selalu melakukan upgrade kualitas pelayanan dan fasilitas armada. Hal ini juga yang membuat masyarakat berpikir untuk mudik bersama DAMRI," ujarnya.

Ketersediaan tiket arus mudik lebaran pun telah disiapkan sebanyak 6.000 lembar tiket mulai H-8 hingga H+8 lebaran, dimana sebagian besar sudah terjual lewat pemesanan online untuk keberangkatan tanggal 8 - 9 Juni 2018.

"Untuk kapasitas bus yang kami siapkan itu 40-45 kursi, full AC dan toilet, tidak ada pembatasan barang penumpang, apabila nanti ada lonjakan signifikan penumpang, kami bisa memperpanjang jam operasional dan penambahan armada, tergantung kebutuhan yang diperlukan. Untuk jumlah armada bus yang siaga di Pelabuhan Tanjung Api-api, biasanya hanya 5 - 6 unit, pada musim mudik tahun ini siagakan 20 unit kapasitas 40 orang," tutup Suranto. (*)

Penulis: Rangga Erfizal
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved