Pilkada Serentak 2018

Tegaskan Tak Ada Tebang Pilih Dalam Penertiban APK Paslon

- Kasat Pol PP Kota Palembang Alex Ferdinandus meminta agar Panwaslu mendampingi agar tidak ada kesan tebang pilih

Tegaskan Tak Ada Tebang Pilih Dalam Penertiban APK Paslon
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Petugas Satpol PP bersama Tim Panwaslu Kota Palembang menertibkan alat peraga kampanye Paslon Pilgub dan Pilwako yang dinilai melanggar, Kamis (31/5/2018) malam. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Kasat Pol PP Kota Palembang Alex Ferdinandus meminta agar Panwaslu mendampingi agar tidak ada kesan tebang pilih dalam penertiban alat peraga kampanye Paslon Pilgub dan Pilwako yang dinilai melanggar, Kamis (31/5/2018) malam.

"Kita minta Panwaslu Kota Palembang, untuk mengawasi penertiban pasangan calon. Jangan sampai ada kata-kata Kita tebang pilih," ungkapnya saat memimpin apel gabungan bersama Panwaslu, TNI - Polri, di halaman Kantor Sat Pol PP.

Penertiban melibatkan 150 personil Sat Pol PP ditambah 51 personil Panwaslu Kota Palembang dan dibagi kedalam dua kelompok.

Baca: DPD Partai Golkar Muaraenim Dukung Paslon Shinta-Suryadi

"Kita lakukan dua malam, malam Jumat dan malam Sabtu. Untuk malam ini dibagi menjadi 2 rute, tim 1 di jalan Noerdin Panji, Brigjen Harun Sohar, Alamsyah Ratu Prawira Negara, Asnawi Mangku Alam dan tim 2 di jalan R Soekamto, Basuki Rahmad, Demang Lebar Daun, Angkatan 45, POM IX, Sumpah Pemuda dan wilayah hukum Kota Palembang," terangnya.

Menurut Alex, digelarnya penertiban ini setelah mendapat laporan dari masyarakat, terkait maraknya atribut pasangan calon Walikota, maupun calon Gubernur yang merusak keindahan, membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kota Palembang.

"Sesuai rencana malam ini, kita tertibkan atribut calon Walikota, Gubernur, maupun atribut lain yang merusak keindahan Kota Palembang," serunya.

Baca: Piagam Telaga Bukti Dukungan Ulama untuk Paslon Ishak-Yudha Terus Bertambah

Penertiban ini sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwali) nomor 17 tahun 2017 tentang penertiban atribut publikasi, baik itu pribadi maupun calon Kepala Daerah.

"Kita harus tertibkan baner baner paslon yang terpasang di pohon-pohon, tiang listrik yang tidak sesuai. Dan saya minta bekerjalah sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya

Ketua Panwaslu Palembang M Taufik SE MSi juga mengingatkan kepada anggota Satuan Polisi Pamong Praja untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye tanpa tebang pilih.

"Semua harus ditertibkan, jangan tebang pilih. Tolong tertibkan banner yang di pohon - pohon, tiang listrik yang bukan merupakan APK resmi dari KPU," katanya.

Baca: Penceramah Paslon Lakukan Kampanye Saat Safari di Masjid, Siap-siap Kena Sangsi Ini

Taufik berharap jangan sampai penertiban ini sia-sia, seakan-akan pekerjaan yang dilakukan tidak ada hasil. Dan diharapkan pengertian pasangan calon untuk tidak memasang APK diluar kententuan.

"Tolong kepada paslon, dan tim pemenangan untuk tidak memasang di luar ketentuan. Bila masih ada, akan kita turunkan paksa," tegas Taufik. 

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved