Berita Palembang

Syiar hingga ke Palembang, Ustadz Hasby Ashidiqy Ajarkan Anak-anak Ngaji Berirama dengan Mudah

Memasuki bulan suci Ramadan berbagai kegiatan keagamaan semarak dilakukan. Seperti halnya yang dilakukan Ustadz Hasby ashidiqy

Syiar hingga ke Palembang, Ustadz Hasby Ashidiqy Ajarkan Anak-anak Ngaji Berirama dengan Mudah
KOLASE SRIPOKU.COM/RANGGA EFRIZAL
Ustadz Habsi Ashidiqy mengajarkan Irama membaca Qur'an kepada anak-anak di Masjid Nurul Aisyah, Selasa (22/5/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rangga Erfizal

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Memasuki bulan suci Ramadan berbagai kegiatan keagamaan semarak dilakukan. Seperti halnya yang dilakukan Ustadz Hasby Ashidiqy (34), pria asal Bandung tersebut menyiarkan agama Islam hingga ke Kota Palembang.

Pembelajaran membaca Qur'an dengan Irama dihadiri oleh puluhan anak yang ingin mempelajari Islam lebih dalam di Masjid Nurul Aisyah, Poligon, Kota Palembang, Selasa (22/5/2018).

Menurut Hasbi membaca Qur'an merupakan salah satu cara umat muslim untuk menyampaikan pesan Islam yang rahmatan Lil alamin kepada semua orang.

Hasby telah berkeliling dari masjid ke masjid hanya untuk berbagi ilmu mengenai membaca Qur'an dengan Irama.

Lanjutnya, selama ini pembacaan Al-Qur'an memiliki ragam jenis irama. Mulai dari Irama Bayati (Kurdi), Irama Shoba, Irama Hijaz, Irama Jiharkah, Irama Nahawand, Irama Rost, hingga Irama Syikah. Ragam irama tersebut lah yang digunakan dalam pembacaan ayat suci.

Baca:

Meninggal Diusia 2 Bulan, Ini 7 Fakta Gheziya Naura Khadija Cucu Aa Gym, Arti Namanya Luar Biasa!

Terancam Bercerai, Dewi Perssik Blak-blakan Bongkar Gimana Service Angga Wijaya, Ternyata, Ups!

"Hari ini pembelajaran yang kita berikan kepada anak-anak yakni cara melafalkan Alquran dengan mudah, asik dan gampang. Sehingga anak-anak di fokuskan untuk belajar iramanya saja. Dan hari ini anak-anak saya ajarkan irama Bayati," ujarnya.

Untuk memulai membaca, pertama-tama haruslah dimulai dari niat dan doa kepada Allah SWT terlebih dahulu, hal ini penting karena segala sesuatu berawal dari ridho Allah.

Puluhan anak yang hadir begitu antusias, menyambut metode pembelajaran Irama Qur'an. Menurut Hawa Salsabila Kandi (8), dirinya sangat antusias dan senang belajar membaca Qur'an dengan metode yang diajarkan Ustad Hasbi. Terutama irama Bayati yang mengenal nada tinggi, datar dan rendah.

"Emang senang baca Qur'an, cuma untuk metode Bayati baru kali ini. Kesulitan yang ditemui, ketika mengatur tinggi rendahnya nada," ujar Salsa salah satu peserta. (*)

Penulis: Rangga Erfizal
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved