Berita Palembang

Berpuasa Tetap tak Halangi Semangat Siswa SD Ikuti Ujian Sekolah

Memasuki hari pertama sekolah di bulan Ramadan, tidak menyurutkan siswa SD pantang semangat mengerjakan soal ujian

Berpuasa Tetap tak Halangi Semangat Siswa SD Ikuti Ujian Sekolah
SRIPOKU.COM/YULIANI
Suasana ujian semester di SD Negeri 114 Palembang, Senin (21/5/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Memasuki hari pertama sekolah di bulan Ramadan, tidak menyurutkan siswa SD pantang semangat mengerjakan soal ujian. Pasalnya dalam seminggu ini, siswa kelas 3, 4 dan 5 tengah melakukan ujian semester.

Seperti yang terlihat pada siswa SD Negeri 114 Palembang yang tetap berativitas seperti biasa, meskipun sedang menjalankan puasa. Siswa tersebut dengan semangat mengerjakan soal ujian semester, Senin (21/5/2018).

Kepala SD Negeri 114 Palembang, Nurmala Dewi mengatakan sesuai instruksi edaran Disdik Palembang hari Senin siswa sudah harus beraktivitas dalam pembelajaran.

"Berhubung jadwal Senin ada ujian semesteran selama 5 hari, makanya siswa yang kelas 3, 4 dan 5 harus mengikuti ujian semesteran dulu dan berhubung kelas 1 dan kelas 2 sudah lama menggelar ujian semesteran makanya mereka masih tetap libur, sedangkan guru sekolah sudah harus memasuki kerja," katanya.

Untuk jadwal ujian semesteran memang digelar serentak tiap SD Kota Palembang, jadwal digelar selama 2 sesi, diantaranya pertama dari pukul 07.30 WIB sampai pukul 09.00 WIB.

Lalu, disambung lagi pukul 09.30 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Soal ujian semesteran sendiri dibuat oleh tim pergugus kecamatan, lalu pengawas ujian dilakukan secara silang antar sekolah.

"Kalau pengkoreksian jawaban siswa sendiri dilakukan oleh tim guru nya masing-masing. Disini kami menggunakan metode Kurikulum 2013 (K-13) dengan sebuah tema, jadi semua mata pelajaran kita masukan kedalam ujian semesteran ini," jelasnya.

Apalagi pengerjaan ujian semesteran dikerjakan saat bulan puasa. Namun itu tidak menghalangi siswanya menjadi kendala untuk mengerjakan ujian tersebut.

"Siswa yang ikut ujian berjumlah 455 orang, malahan dari yang kami lihat saat pertama ujian dimulai, mereka tetap semangat mengikuti ujian semesteran, meskipun sedang menjalan ibadah puasa," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Yuliani
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved