News Video Sripo

Tradisi Berbuka Puasa Ngidang di Masjid Suro Palembang

Tradisi berkembang mengikuti perkembangan jaman. Seperti di masjid yang ada di Kota Palembang, saat bulan Ramadan tiba ada para pengurus sibuk

Laporan Wartawan Sriwijaya Post, Rahmad Zilhakim

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Tradisi merupakan warisan turun temurun yang dilakukan masyarakat dalam satu kebudayaan.

Tradisi berkembang mengikuti perkembangan jaman. Seperti di masjid yang ada di Kota Palembang, saat bulan Ramadan tiba ada para pengurus sibuk membagi-bagikan bubur untuk berbuka puasa.

Bubur tersebut dimasak bersama-sama, kemudian disajikan dalam piring dan dihidangkan di masjid untuk dinikmati warga yang datang.

Tradisi berbagi bubur dikala berbuka puasa terjadi, di masjid tertua di Kota Palembang, Al Mahmudiyah (Suro) yang terletak di Jl Ki Gede Ing Suro 30 Ilir.

Masjid yang lebih poluler dengan sebutan masjid Suro tersebut, menyajikan aneka hidangan bubur daging yang berisi olahan daging dan aneka bumbu lainnya.

Setiap harinya selama Ramadan dari pukul 14.00 WIB,

Kartibi sang koki bersama para pengurus masjid yang lain telah menyiapkan bahan-bahan guna membuat bubur. Tangannya yang renta memasuki usia senja tak membuat dirinya lupa cara mengaduk-aduk beras hingga menjadi bubur.

Menurutnya dirinya senang melakukan pekerjaan yang bermanfaat bagi orang banyak.

 "Senangnya saya kalau orang-orang dapat berbuka puasa di sini, apa lagi kalau orang tersebut habis melakukan perjalanan jauh dan mampir untuk berbuka di sini," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved