News Video Sripo

Permintaan Santan Meningkat Penjual Kewalahan Parut 1000 Biji Kelapa Sehari

"Awal-awal bulan puasa ini kami memproduksi lebih banyak dari hari biasa karena tingkat permintaan masyarakat juga naik,"

Laporan Wartawan Sripoku.com, Rahmad Zilhakim

SRIPOKU.COM,PALEMBANG - Penjualan santan kelapa meningkat pada awal bulan Ramadhan, seperti salah satu penjual santan kelapa di kawasan Pasar 26 Ilir Kota Palembang.

"Awal-awal bulan puasa ini kami memproduksi lebih banyak dari hari biasa karena tingkat permintaan masyarakat juga naik," kata Insar produsen santan kelapa Insar, Jumat (18/05/2018).

Menurutnya di luar bulan puasa pabriknya biasa menggiling 1.000 buah kelapa yang diperoleh dari kawasan Tanjung Api-Api untuk menghasilkan 300 - 400 kilogram santan kelapa.

Saat bulan puasa ia langsung menambah stok pasokan dengan menggiling 1.500 buah kelapa yang menghasilkan 500 kilogram lebih santan kelapa murni dengan harga Rp17.000 perkilogram.

Meningkatnya permintaan masyarakat yang gemar membuat olahan buka puasa berbahan santan kelapa tersebut menorehkan laba bersih yang diperolehnya turut naik dari 3 juta rupiah menjadi 4 juta rupiah.

"Kalau sudah mulai masuk tengah bulan puasa pasti meningkat lagi dan puncaknya satu minggu terakhir bulan Ramadhan, wah itu bisa sampai 3 kali lipat untungnya," lanjut Insar.

Meskipun pembeli dari kalangan masyarakat meningkat, ia mengakui pembeli dari langganannya seperti rumah makan dan restoran justru menurun karena banyak tidak beroperasi.

Selain itu jam operasional turut diubahnya yang di luar Ramadhan buka sejak subuh hingga sore menjadi dari pukul 03.00 - 12.00 WIB saat bulan Ramadhan.

Sementara salah satu pembeli Nyayu Kurnia mengatakan lebih memilih santan murni dari pada santan kemasan bermerek untuk menu olahan berbuka puasa.

"Lebih enak pakai santan murni asli langsung dari pabrik karena membuat makanan lebih enak dan tidak ada bahan pengawet," Tambah Nyayu.

Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved