Ramadan 2018

Marhaban Bulan Al-Qur'an

Di antara pelengkap kesempurnaan, kemuliaan dan keagungan bulan Ramadhan -jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, adalah Al-Qur'an.

H. John Supriyanto, MA 

Marhaban Bulan Al-Qur'an

Oleh : H. John Supriyanto, MA  

Penulis adalah dosen Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir UIN Raden Fatah dan Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Al-Lathifiyyah Palembang

Tadarusan Prajurit
Tadarusan Prajurit (SRIPOKU.COM/SYAHRUL HIDAYAT)

Dalam konteks kesejarahan proses uzul Al-Qur'an, terdapat beberapa hal yang perlu dijelaskan seputar fakta-fakta historis diturunkannya Al- Qur'an.

Fakta yang pertama adalah bahwa Al-Qur'an diturunkan pada bulan Ramadhan, merujuk kepada Qs. Al-Baqarah : 185. Kedua, Al- Qur'an diturunkan pada malam qadr berdasarkan firman Allah pada Qs. al-Qadr :

1). Lalu fakta yang ketiga bahwa Al-Qur'an diturunkan pada lailah mubarakah (malam yang diberkahi) sesuai firman Allah SWT pada Qs. ad-Dukhan :

2). Ungkapan tiga ayat Al-Qur'an di atas seakan saling bertentangan dan berbeda satu sama lain meskipun berbicara mengenai satu objek yang sama, Al-Qur'an.  

Demikian pula pernyataan bahwa Al-Qur'an diturunkan secara beransur-angsur seakan bertentangan dengan penjelasan bahwa ia diturunkan secara sekaligus.

Pembahasan tentang hal ini secara panjang lebar telah dikemukakan oleh para ulama di dalam kitab-kitab Ulum Al-Qur'an.

Terhadap perbedaan redaksi tiga ayat tersebut, Al-Suyuthi dalam kitab al-Itqan fi ulum al-Qur'an menerangkan bahwa Al-Qur'an diturunkan secara sekaligus dari lauh al-mahfuzh ke bait al-izzah (sama' ad-dunya) pada malam qadr (inna anzalnahu fi lailat al-qadr).

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved