Breaking News:

Berita Muaraenim

Dinkes Muaraenim Periksa Makanan Takjil di Hari Pertama Pasar Ramadan

"Kita sengaja mengambil sampel dihari pertama, jangan sampai ada masyarakat yang mengkosumsi zat berbahaya."

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: Tarso
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Tampak beberapa petugas Dinkes Muaraenim melakukan tes terhadap seluruh takjil yang dijual di pasar Ramadhan Muaraenim untuk menjamin kebersihan dan bebas dari zat dan bahan berbahaya, Kamis (17/5). 

Laporan wartawan sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM -- Untuk menjamin kebersihan terutama dari zat dan bahan berbahaya, Dinkes Kabupaten Muaraenim, melakukan pemeriksaan seluruh takjil yang dijual di pasar Ramadan 1439 H di terminal kota Muaraenim, Kamis (17/5/2018).

Dari informasi dan pengamatan di lapangan, tampak para petugas dari Dinkes Muaraenim, mengambil sampel seluruh penjual takjil yang berjualan di pasar Ramadan.

Dan setelah itu dilakukan pemeriksaan dengan melakukan uji tes beberapa zat dan bahan berbahaya seperti Borak, Formalin, Rodhamin B, dan Methanyl Yellow.

"Kita sengaja mengambil sampel dihari pertama, karena kita tidak mau kecolongan, jangan sampai ada masyarakat yang mengkosumsi zat berbahaya. Dan alhamdulilah hasi tes seluruhnya nihil," ujar Kadinkes Muaraenim Vivi Mariani.

Sementara itu Bupati Muaraenim Muzakir, meminta kepada pedagang dalam berdagang untuk jujur dan tidak berbuat curang, serta menjual makanan dan minuman yang bersih serta halal.

Dan tidak kalah pentingnya, untuk diingat kepada para pedagang yaitu tidak menggunakan zat-zat berbahaya pengawet atau pewarna makanan yang dilarang dalam produk makanannya seperti penggunaan Formalin, Borak, Rodhamin B dan Methanyl Yellow.

Dan tidak menutup kemungkinan di pasar Ramadan ini pemerintah daerah akan bekerja sama dengan BPOM akan melaksanakan sidak pada waktu-waktu tertentu.

"lnsya Allah, pedagang disini tidak ada yang mengggunakan produk tersebut, karena sudah mengerti bahwa hal tersebut merugikan konsumen, dan juga akan mengurangi pahala puasa," ujarnya.

Masih dikatakan Muzakir, untuk itu selama bulan Ramadan, pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Muaraenim khususnya kaum muslimin untuk memuliakan masjid dan langgar dengan menjalankan Tarawih dan Tadarus Al Quran bersama-sama.

Mari kita memanfaatkan bulan suci ini dengan memperbanyak ibadah, meningkatkan etos kerja, sehingga apa yang kita kerjakan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

"Saya juga ingin menghimbau bagi yang menjalankan lbadah puasa, mari menjalankan ibadah puasa dengan sebaik- baiknya. Sedangkan bagi non muslim agar menghargai dan menghormati umat muslim yang sedang menjalankan lbadah Puasa," tandas Muzakir.(ari)

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved