Dua Negara Bersahabat Punya Keunikan di Dunia Psikologi

Fakultas Psikologi UIN RF Palembang berkunjung ke tiga negara tetangga sekaligus. Banyak informasi yang mereka dapat.

Dua Negara Bersahabat Punya Keunikan di Dunia Psikologi
dok. pribadi
Kunjungan dan penjajakan UIN RF Palembang bersama Universiti Fatani Thailand. 

Laporan wartawan sripoku.com, Refly Permana

SRIPOKU.COM, PALEMBANG--Belum lama ini, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang berkunjung ke tiga negara tetangga sekaligus, yakni Malaysia, Singapura dan Thailand.

Dari kegiatan ini, didapat sejumlah perbedaan di bidang psikologi dengan negara kita, khususnya di Palembang sendiri.

Kunjungan dan penjajakan kerjasama dengan Universiti Kerajaan Malaysia.
Kunjungan dan penjajakan kerjasama dengan Universiti Kerajaan Malaysia. (dok. pribadi)

Dosen sekaligus Wakil Dekan I Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, M Uyun, mengatakan psikologi di Malaysia mempunyai kekuatan dan keunikan dengan psikologi kounselingnya. Mereka sangat konsen akan itu mulai dari konseling pendidikan di sekolah, perguruan tinggi, sampai dengan konseling di dunia kerja yaitu konseling kerja.

"Dalam hal seleksi mereka sangat mengkedepankan referensi dan hasil dari wawancara yang merupakan basic dari kounseling. khusus untuk alat tes tidak langsung diperkenalkan hanya dosen tertentu saja yang punya kewenangan," kata Uyun, Selasa (15/5/2018).

Kunjungan dan penjajakan kerjasama dengan Universiti Kerajaan Malaysia
Kunjungan dan penjajakan kerjasama dengan Universiti Kerajaan Malaysia (dok. pribadi)

Sedangkan di Indonesia, dikatakan Uyun, perkembangan dan pengunaan secara praktis sangat terasa dan mulai sampai pada puncaknya, mulai dari lembaga pendidikan, swasta, pemerintahan, calon kepala daerah, anggota dewan dan lainnya semua mengunakan jasa psikologi yang lebih kenal tes psikologi.

Tingkatan keilmuwan sudah jelas mulai dari S1 psikologi, S2 psikologi sampai dengan S3 Doktor psikologi. Semua sudah tertata dan stabil, begitu juga dengan lembaga atau asosiasi yang menaungi, yaitu Asosiasi Perguruan Tinggi Psikologi Indonisia ( AP2TPI), serta lembaga profesi yaitu (Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), sampai pada level provinsi yang lebih dikenal HIMPSI wilayah yang selanjutnya akan dikembangkan menjadi himpsi cabang yang ada pada setiap kabupaten atau kota.

Belum lagi psikologi di Indonesia sudah mulai tumbuh dan dikenal masyarakat yaitu psikologi Islam yang basic keilmuwan nya bersumber dari Al Hadis dan Al Qur'an yang tentu saja berainergi dengan psikologi umum, barat atau konvensional.

Di Malaysia juga, Uyun mengatakan ia dan mahasiswanya berkunjung ke dua kampus, yaitu University Malaya dan University Kerajaan Malaysia. Ada beberapa hal yang didapat dalam rangka kerjasama antar perguruan tinggi, antara lain yaitu pertukaran dosen sebagai narasumber, pertukaran materi untuk jurnal, pertukaran pelajar, dan dobbledigree.

"Masuk negara Thailand kami berkunjung ke Universiti Fatoni. Di sini, perkembangan psikologinya tidak jauh berbeda dengan Indonesia," kata pria yang juga Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Sumsel ini.

Penulis: Refli Permana
Editor: Refly Permana
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved