Berita Palembang

Calon Siswa Ikut TPA dan Interview, SMAN Sumsel Gelar Seleksi PPDB Tahap II

Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN Sumsel telah memasuki seleksi tahap II. Seleksi tahap II ini dibagi menjadi dua

Calon Siswa Ikut TPA dan Interview, SMAN Sumsel Gelar Seleksi PPDB Tahap II
SRIPOKU.COM/YULIANI
Calon siswa SMAN Sumsel saat mengikuti seleksi tahap II, Kamis (10/5/2018) 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN Sumsel telah memasuki seleksi tahap II. Seleksi tahap II ini dibagi menjadi dua gelombang, setelah penerimaan berkasnya ditutup pada 3 Maret 2018 yang lalu.

Adapun jadwal seleksi Gelombang I pada tanggal 9-10 Mei 2018, sedangkan Gelombang II pada tanggal 11-12 Mei 2018.

Terdapat 200 calon siswa yang telah lulus seleksi administrasi yang mengikuti tes tahap II. Sebanyak 137 calon siswa berasal dari luar Palembang, dan 63 siswa berasal dari Palembang.

Baca: Siap Sukseskan Asian Games, Ini yang akan Dilakukan SMAN Sumsel

Calon siswa seleksi Gelombang I yang berasal dari luar Palembang seperti OKI, Ogan Ilir dan Banyuasin telah tiba di SMAN Sumsel pada 8 Mei lalu dan menginap di asrama SMAN Sumsel selama tes berlangsung.

Kepala SMAN Sumsel, M. Ridwan Aziz, M.Pd mengatakan, selebihnya calon siswa seleksi Gelombang II yang berasal dari Musi Banyuasin, OKU Induk, Oku Timur, OKU Selatan, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Lubuk Linggau, Musi Rawas, Pagaralam, Empat Lawang, dan PALI akan tiba di SMAN Sumsel pada hari ini, Kamis (10/5/2018) sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Baca: (FOTO) Tetap Belajar Sambil Menunggu SBMPTN 2018 di SMAN 1 Palembang

"Seleksi tahap II meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Focussed Group Discussion, Interview dan Psikotest. TPA meliputi mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)," ujarnya.

Lalu pada sesi interview lebih kepada memahami karakter dan minat siswa, sedangkan sesi FGD untuk menilai kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah.

"Dalam pelaksanaannya, calon siswa akan mengikuti Tes Potensi Akademik, Focussed Group Discussion dan Interview pada hari pertama," ungkap Ridwan.

Baca: Kalahkan Tuan Rumah, SMAN Sumsel Sabet Juara Debat Bahasa Inggris Tingkat Provinsi

Sebagaimna diketahui, SMAN Sumsel telah menyiapkan sebanyak 5 ruang tes TPA, dimana setiap ruang terdiri dari 20 siswa dan satu orang pengawas. Selanjutnya, diteruskan dengan tes Psikotest pada hari kedua.

SMAN Sumsel pula telah menyiapkan sebanyak 20 ruang tes interview, dimana setiap ruang terdiri dari lima siswa dan dua orang penguji. Para calon siswa akan menunggu panggilan untuk mengikuti interview di depan ruang tes.

Baca: Siap Sukseskan Asian Games, Ini yang akan Dilakukan SMAN Sumsel

Kemudian untuk tim penyeleksi pada tes Focussed Group Discussion dan Interview, SMAN Sumsel melibatkan pihak media, praktisi dan pemerhati pendidikan, Komite SMAN Sumsel, serta Unsur dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel dan Dinas Pendidikan Kota Palembang.

Sehingga, nantinya akan terpilih siswa-siswi terbaik yang memang pantas untuk menerima bantuan pendidikan di SMAN Sumsel.

Baca: Siswa SMAN Sumsel Raih Gold Medal dan Honorable Mention di ISPO 2017

"Dari 200 calon siswa yang telah mengikuti tes tahap II akan diseleksi sebanyak 100 calon siswa yang akan diterima menjadi siswa SMAN Sumsel. Pengumuman 100 siswa yang akan menerima bantuan pendidikan di SMAN Sumsel menurut rencana akan diumumkan pada akhir Mei ini," tegasnya. 

Penulis: Yuliani
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved