Hari Buruh 2018

Dede Yusuf Serukan Tangkap Buruh Kasar Asing tanpa Izin

Intinya jika yang masuk bukan pekerja profesional, tapi pekerja kasar, tangkap pekerja kasar. Kalau ilegal, enggak punya izin

Dede Yusuf Serukan Tangkap Buruh Kasar Asing tanpa Izin
Sripoku.com/Rangga Efrizal
Konggres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) dan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Melakukan aksinya didua tempat berbeda, Selasa (1/5/2018). 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi bicara keras terkait keberadaan tenaga kerja asing di Indonesia yang dinilai bikin para buruh lokal resah.

Dede Yusuf Macan Effendi menyerukan untuk menangkap para pekerja asing yakni para pekerja kasar dan tidak punya izin.

Hal itu disampaikan Dede Yusuf Macan Effendi saat menerima 20 orang perwakilan buruh untuk berdiskusi di dalam Gedung DPR RI, Selasa (1/5/2018).

Baca: Di Tengah Demo Hari Buruh, Amien Rais Sobek Sobek Topeng Wajah Tenaga Kerja Asing

"Terakhir masalah asing. Intinya jika yang masuk bukan pekerja profesional, tapi pekerja kasar, tangkap pekerja kasar. Kalau ilegal, enggak punya izin, tangkap. Tapi kita harus mampu melihat asing boleh kerja asalkan jabatan sesuai yang ditetapkan UU," papar Dede Yusuf Macan Effendi seperti dilansir Kompas.com.

"20 orang saya undang untuk masuk (gedung DPR) dan bediskusi. Mohon maaf enggak bisa undang semua karena uang snack-nya terbatas, enggak dikasih sama Pak Fadli Zon," kelakar Dede kepada para pendemo di depan Kompleks Parlemen Senayan, Selasa. Dede sempat berorasi dari atas mobil yang terparkir.

Baca: Buruh di Lahat Minta Presiden Jokowi Ganti Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri

"Selamat hari buruh internasional, selamat buat kita semua. Alhamdulillah Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) canangkan hari ini sebagai libur nasional. Mari kita isi dengan riang gembira," paparnya.

Dalam orasinya, ia menyampaikan apresiasinya kepada peserta demo yang dapat menyampaikan pendapat dengan tertib.

Baca: BREAKING NEWS: Seorang Kakek Renta di OKU Selatan Tewas Terpanggang

Ia berjanji akan menyampaikan aspirasi para buruh kepada pemerintah.

"Kami menerima aspirasi. Saya akan minta Menaker untuk perhatikan buruh, kesejahteraan meningkat, tingkatkan skill buruh, jangan diambil dari upah buruh," kata dia. (Penulis : Sherly Puspita)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dede Yusuf: Tangkap Buruh Kasar Asing atau Ilegal"

Editor: Sudarwan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved