Lapor Mang Sripo

Mudakan Batas Usia Wajib Surat Izin Mengemudi

Usia wajib memiliki SIM adalah 17 tahun. Alangkah baiknya jika usia minimalnya diturunkan dua tahun lebih muda, yakni 15 tahun.

Mudakan Batas Usia Wajib Surat Izin Mengemudi
SRIPOKU.COM/WAHYU KURNIAWAN
Ilustrasi - Masyarakat yang sedang mengantre untuk pembuatan ataupun perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polresta Palembang. 

SRIPOKU.COM - Saya ada usulan untuk aparat kepolisian lalu lintas. Selama ini, usia wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah 17 tahun. Alangkah baiknya jika usia minimalnya diturunkan dua tahun lebih muda, yakni 15 tahun. Mengapa demikian, dikarenakan anak-anak jaman sekarang dari segi kemampuan, postur tubuh, hingga kebutuhan berbeda dengan jaman dulu. Terima kasih atas kesempatannya.
Kiriman dari Khoirudin Ilyas di Tanjung Raja OI.

Berita Lainnya:  Agar Lulus Ujian Teori dan Praktik Bikin SIM? Ini Jurusnya

Jawabannya:
Usia di atas 17 Tahun Cenderung Stabil
Terima kasih untuk usulannya. Peserta uji SIM (bukan pemohon sim karena negara memberi surat ijin yang legal pada warga negaranya mendapatkan ijin mengendarai kendaraan di wilayah Republik Indonesia dan wajib mengikuti ujian sertifikasi terlebih dahulu sebelum berkendara) tersebut wajib berusia 17 tahun. Dikarenakan stabilitas emosi rata-rata anak remaja usia di atas 17 tahun cenderung stabil dibanding anak yang berusia di bawahnya.

Namun, saat ini khususnya di Palembang pemberian materi baik lisan maupun tulisan para calon peserta uji SIM cenderung diabaikan alias semua maunya cepat tidak berbelit-belit. (mg4)

Kompol Andi Baso Rahman
Kasat Lantas Polresta Palembang

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

Editor: Bedjo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved