Inilah Perbandingan Xiaomi Redmi Note 5, Samsung Galaxy A8, Oppo F7 dan Vivo V9. Mana Pilihanmu?

Perbandingan spesifikasi ini hanyalah kualitas hardware, fitur pendukung, sistem operasi dan faktor pengalaman penggunaan bisa berbeda-beda.

KOMPAS.com/OIK YUSUF
Sisi depan Redmi Note 5. Layar perangkat ini menganut aspect ratio 18:9 untuk memaksimalkan area display. Soft button home, back, dan recent apps sudah menyatu dengan tampilan antarmuka sistem operasi 

SRIPOKU.COM - Xiaomi resmi meluncurkan Redmi Note 5 AI Dual Camera ke Indonesia. Meski tak disertai embel-embel "Pro", ponsel ini merupakan versi upgrade dari Redmi Note 5 Pro.

Ponsel ini bersaing dengan deretan ponsel Android lain yang telah dipasarkan di Indonesia, baik dari segi spesifikasi hardware, maupun fitur, seperti kecerdasan buatan (AI) maupun sensor fingerprint.

Bahkan Country Manager Xiaomi Indonesia, Steven Shi saat acara peluncuran, berani membandingkan Redmi Note 5 AI Dual Camera dengan beberapa merek sekaligus, seperti Galaxy A8, Oppo F7, dan Vivo V9.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita coba membandingkan spesifikasi serta harga Redmi Note 5 AI Dual Camera ini dengan beberapa ponsel yang disebut di atas, meski rentang harganya berbeda-beda.

Perlu diingat, perbandingan spesifikasi ini hanyalah di atas kertas, kualitas hardware, fitur pendukung, sistem operasi dan faktor pengalaman penggunaan bisa berbeda-beda. Belum tentu spesifikasi tinggi memberikan pengalaman yang maksimal.

Chipset

Redmi Note 5 AI Dual Camera dan Vivo V9 sama sama ditenagai chipset Qualcomm sebagai komponen utama. Namun Redmi Note 5 menggunakan chipset terbaru, yakni seri Snapdragon 636, berbeda dengan Vivo V9 yang versi Indonesianya menggunakan seri Snapdragon 450.

Berbeda dengan Xiaomi maupun Vivo, Samsung membenamkan chip besutannya sendiri, yakni Exynos 7885 pada Galaxy A8. Chip ini mengusung CPU berkecepatan 2,2 GHz dan 1,6 GHz. Sedangkan Oppo lebih memilih untuk menggunakan chip besutan Mediatek, yakni Helio P60 pada seri F7-nya.

RAM dan penyimpanan

Untuk RAM dan penyimpanan, kesemua ponsel boleh dibilang memiliki RAM dan ROM yang besar. Xiaomi sendiri memiliki beberapa varian yakni 3GB/32Gb, 4GB/64GB dan 6GB/64GB. Sayangnya kapasitas RAM dan ROM yang terakhir disebutkan tidak diboyong ke Indonesia. 

Sisi depan Redmi Note 5. Layar perangkat ini menganut aspect ratio 18:9 untuk memaksimalkan area display. Soft button home, back, dan recent apps sudah menyatu dengan tampilan antarmuka sistem operasiKOMPAS.com/ OIK YUSUF Sisi depan Redmi Note 5. Layar perangkat ini menganut aspect ratio 18:9 untuk memaksimalkan area display. Soft button home, back, dan recent apps sudah menyatu dengan tampilan antarmuka sistem operasi

Galaxy A8 lebih minim pilihan. Perangkat ini hanya menyediakan RAM berkapasitas 4 GB namun dengan dua pilihan ROM (penyimpanan), yakni 32 GB dan 64 GB. Vivo V9 pun demikian, RAM dan ROMnya hanya tersedia pilihan 4 GB/64 GB. 

Halaman
123
Editor: Tresia Silviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved