Ini Bacaan Doa Nisfu Sya'ban, Keistimewaannya, Serta Niat Puasanya

Nisfu Sya'ban adalah salah satu pertengahan bulan istimewa, bulan yang dihormati dalam agama Islam, selain Muharram, Dzulhijjah dan Rajab.

SRIPOKU.COM/ANTON
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM -- Bulan Sya'ban merupakan momen yang senantiasa harus dijadikan momentum untuk tidak dilupakan setiap tahunnya, sebab Sya’ban menjadi salah satu bulan yang di dalamnya menyimpan peristiwa penting yang tidak boleh dilupakan oleh segenap umat islam.

Karena sejarah ini berhubungan dengan perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam memperjuangkan Islam, yaitu terjadinya peristiwa pemindahan kiblat dari Baitul Maqdis yang berada di Palestina ke Ka'bah, dan pemindahan tersebut tepat terjadi pada tanggal 15 Bulan Sya'ban atau sering di sebut Nisfu Sya'ban.

Nisfu Sya'ban adalah salah satu pertengahan bulan istimewa, bulan yang dihormati dalam agama Islam, selain Muharram, Dzulhijjah dan Rajab.

Nisfu Sya'ban merupakan sebuah peristiwa yang terjadi pada pertengahan bulan sya'ban atau tanggal 15,dimana  pada hari tersebut menjadi satu saat di mana telah diyakini bahwa semua catatan amal setiap manusia akan di ganti dengan yang baru.

Maka dengan adanya hal tersebut, para ulama menganjurkan kepada umat untuk memperbanyak amal kebaikan pada malam harinya, baik itu dengan bacaan-bacaan seperti berdo'a hingga ibadah-ibadah sunnah lainya, misalnya puasa.

===

Doa Malam Nisfu Sya’ban

اَللّٰهُمَّ يَاذَا الْمَنِّ وَلاَ يَمُنُّ عَلَيْكَ يَاذَا اْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ يَاذَا الطَّوْلِ وَاْلاِنْعَامِ لاَاِلٰهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهَرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَاَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ

اَللّٰهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَطَرْدِي وَاِقْتَارَ رِزْقِي وَاَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُوْ اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ

اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَمَا لاَ اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

ilustrasi berdoa
Ilustrasi. (SRIPOKU.COM/ANTON)

===

Keistimewaan Malam Nisfu Sya’ban

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved