Koleksi Kain Khas Nusantara, Termahal Rp 5 Juta dari Provinsi Ini

Ratusan kain dari berbagai provinsi di Indonesia berjejer di lemari ibu dua anak ini. Adapun yang termahal sampai Rp juta.

Koleksi Kain Khas Nusantara, Termahal Rp 5 Juta dari Provinsi Ini - kain_20180413_143843.jpg
sripoku.com/refly
Wulan memperlihatkan kain-kain nusantara yang ia koleksi.
Koleksi Kain Khas Nusantara, Termahal Rp 5 Juta dari Provinsi Ini - kain_20180413_143928.jpg
sripoku.com/refly
Kain-kain yang dikoleksi Wulan usai berkeliling nusantara.

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Refly Permana

SRIPOKU.COM, PALEMBANG--Sebagai pengusaha di bidang tur dan travel, Hoerian Wulandari (33) tentu sudah mendatangi banyak tempat di nusantara

Untuk kenang-kenangan dari setiap provinsi tersebut, ibu dua anak ini memilih membeli kain khas sebagai oleh-oleh. Tanpa ia sadari, sudah ratusan kain dari beberapa daerah berjejer rapi di rumahnya.

Dikatakan perempuan bersapaan Wulan ini, sejak tujuh tahun silam, hobi satu ini ia lakukan. Mulanya atas masukan dari ibu yang menyarankan alangkah bagusnya jika datang ke suatu daerah membawa pulang benda yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

"Karena saya juga suka dengan fesyen, jadinya membeli kain khas nusantara. Adari Lombok, Makasar, Bogor, Bengkulu, dan daerah lainnya," kata suami dari Barata ini, Jumat (13/4/2018).

Meski sudah banyak, Wulan masih kepingin menambah koleksi kainnya. Maklum, satu kain khas dari daerah memiliki corak dan motif yang berbeda. Belum lagi, satu provinsi bisa memiliki beragam kain khas yang datang dari daerahnya. Maka dari itu, Wulan masih penasaran untuk melengkapi koleksinya.

Selain dari dalam negeri, Wulan juga ada membeli kain khas dari Tailand dan Arab Saudi. Hanya saja, jumlahnya tidak banyak. Sama seperti kain-kain nusantara, Wulan membelinya bukan karena sengaja, melainkan nyambi mendampingi rombongan tur dan travel yang memakai jasanya.

Soal harga, Wulan mengaku tidak ingat harga pastinya. Tapi, yang termahal ada di atas Rp 1 juta dan itu kain dari Makasar. Adapun kain termahal yang ia koleksi tetap berasal dari tempat tinggalnya, yakni songket Palembang, dimana harganya bisa mencapai Rp 5 jutaan yang dibeli tujuh tahun silam. Jumlahnya juga banyak, malah lebih banyak dari kain khas provinsi lain.

Anehnya, koleksi yang ia punya ini belum pernah satu pun ia pakai. Bukan pula untuk dipajang, tetapi dibiarkan tersimpan rapi di lemari kamarnya. Baru akan ia perlihatkan ke teman ketika ada yang bertanya mengenai oleh-oleh yang ia bawa dari suatu daerah.

"Sudah ada rencana untuk menjadikan kain-kain ini baju atau bagian dari busana lain. Tapi, kepinginnya jahit sendiri dan itu belum bisa. Jadi, biar nanti belajar dulu," kata perempuan ramah senyum ini.(refly permana)

Wula memperlihatkan koleksi kain-kain khas dari beberapa provinsi di Indonesia.(srip/refly)

Penulis: Refli Permana
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved