Waspadai! Lima Gejala Kanker Prostat yang Sulit Terdeteksi

Kanker prostat adalah salah satu kanker yang paling mematikan untuk pria. Tumor ganas ini muncul di prostat, kelenjar pada sistem reproduksi pria.

Waspadai! Lima Gejala Kanker Prostat yang Sulit Terdeteksi
Erabaru
Ilustrasi - Kanker prostat. 

SRIPOKU.COM - Kanker prostat adalah salah satu kanker yang paling mematikan untuk pria. Tumor ganas ini muncul di prostat, kelenjar pada sistem reproduksi pria.

Laporan yang baru diterbitkan Senin (9/4/2018) mengungkap alasan kanker ini sangat mematikan karena deteksi yang terlambat disadari.

Berita Lainnya:  Hati-Hati, Pria Jangkung lebih Rentan Kena Penyakit Kanker Prostat

Hal ini diungkap oleh lembaga nonprofit bernama Orchid yang fokus meneliti kanker pada pria.

Mereka menemukan, 37 persen pasien di Inggris didiagnosis memiliki kanker prostat saat sudah ada di stadium tiga atau empat. Sekitar 42 persen pria dengan kanker prostat setidaknya mengunjungi dua kali dokter umum sebelum dirujuk ke dokter spesialis.

Rebecca Porta selaku chief executive Orchid berharap masalah ini perlu ditanggapi serius oleh tenaga medis profesional di seluruh dunia.

"Bukan tidak mungkin kanker prostat akan menjadi kanker paling umum dalam 12 tahun ke depan di Inggris. Sejak sekarang kita harus mampu melakukan diagnosis dan perawatan sejak dini agar hal tersebut tidak terjadi," kata Porta dalam sebuah pernyataan dilansir Newsweek, Senin (9/4/2018).

Tahap awal yang paling penting dilakukan adalah mendeteksi kanker.

The Guardian pernah mewartakan di tahun 2015 bahwa Cancer Research UK berkata deteksi dini dapat membantu mempertahankan kehidupan sampai 10 tahun lamanya.

Sayang, hampir tidak ada tanda-tanda kanker prostat di awal kemunculannya. Kanker ini baru diketahui saat kelenjar prostat membengkak.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved