Bagi Komunitas Ini, Sangat Anti dengan Susu Formula

Sempat memiliki permasalahan dalam memberikan ASI, sejumlah ibu di Palembang sepakat membentuk komunitas yang anti dengan susu formula.

Penulis: Refli Permana | Editor: Refly Permana
sripoku.com/refly
Pengurus dan anggota AFB Sumsel pose bersama. 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Refly Permana

SRIPOKU.COM, PALEMBANG--Memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada anak usia di bawah tiga tahun tidak semudah mengucapkannya.

Bermula dari rasa kegelisahan tersebut, sejumlah ibu di Palembang sepakat membentuk komunitas bernama ASI for Baby (AFB) Sumsel empat tahun silam. Tujuan dari komunitas ini adalah saling berbagi dan mendukung tentang permasalahan serta solusi untuk ibu-ibu yang tidak bisa memberikan ASI kepada bayinya.

"Problem memberikan ASI ini banyak. Ada ibu yang sulit mengeluarkan ASI, si anak yang tidak mau, atau tidak ada dukungan dari suami dan keluarga. Di komunitas ini, kita sama-sama berbagi dan mencarikan solusinya," kata Ketua AFB Sumsel, Citra Martina Senja, Sabtu (7/4/2018).

Di komunitas ini, ujar Citra, ada beberapa pakar ASI yang kompeten untuk mencarikan solusi. Ada yang sudah mendapat Pelatihan Konseling Menyusui Modul WHO 40jam. Dari latar belakang pengurus juga datang dari ilmu kesehatan dan berprofesi di bidang ini. Jadi, pengetahuan yang mereka miliki ini sering kali dibagi ke sejumlah ibu yang punya masalah terhadap ASI.

Seiring berjalannya waktu, AFB Sumsel makin memiliki banyak aktifitas. Sebabnya, mereka beberapa kali dilibatkan memberikan informasi seputar pentingnya ASI ke sejumlah instansi kesehatan semacam puskesmas.

Malah, sampai-sampai lingkungan perkantoran beberapa kali melibatkan ibu-ibu tangguh ini.

"Dalam kegiatan itu, kita memberikan konseling langsung seputar ASI dan MP ASI kepada ibu-ibu yang datang ke puskesmas. Karena, di komunitas ini rata-rata sudah berprofesi sebagai konselor ASI dan MP ASI," kata Citra.

Masih dikatakan Citra, AFB Sumsel juga menerima konseling untuk datang ke rumah atau kantor. Ini sudah beberapa kali dilakukan, bahkan pula pernah menyentuh segmen komunitas. Untuk ibu-ibu yang ingin mengundang, bisa langsung mengirim pesan di grup Facebook ASI for Baby Sumsel. Atau, mengirimkan SMS ke nomor 082371111343.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved