5 Cara Ini Efektif Atasi Hidung Tersumbat

Kadang kala kita merasa jengkel karena hidung tersumbat tak kunjung sembuh meski sudah melakukan berbagai macam cara.

5 Cara Ini Efektif Atasi Hidung Tersumbat
hellosehat
ilustrasi 

SRIPOKU.COM - Kita pasti suka merasa tidak nyaman ketika hidung tersumbat. Aktivitas sehari-hari bisa terganggu bila hidung terasa mampet. Rasa tidak nyaman tersebut disebabkan karena hidung tidak mampu menghirup udara dengan benar.

Kadang kala kita merasa jengkel karena hidung tersumbat tak kunjung sembuh meski sudah melakukan berbagai macam cara. Namun jangan kahwatir, berikut ini ada beberapa cara mudah dan cepat mengatasi hidung tersumbat.

1. Mandi air panas
Mandi dengan air panas memang bisa memulihkan stamina tubuh. Tapi selain itu, uap yang keluar dari air panas dapat mengencerkan lendir di hidung Anda. Namun hidung tersumbat tidak akan sembuh begitu saja, perlu waktu satu sampai dua jam agar hidung kembali lancar menghirup udara.

2. Kompres dengan handuk hangat
Kompres bagian kening kepala Anda dengan handuk basah yang hangat selama beberapa menit. Ini dapat membantu mengurangi tekanan yang membuat hidung tersumbat.

3. Tetap terhidrasi
Menjaga tubuh tetap terhidrasi sering diabaikan banyak orang. Dalam kasus ini, minum air yang banyak bisa menyembuhkan hidung tersumbat. Lebih baik Anda minum air hangat karena bisa dengan mudah mengencerkan lendir.

4. Hirup aroma yang segar dan wangi
Menghirup aroma yang segar dan wangi seperti fix inhaler bisa membantu mengurangi kelembaban dalam hidung yang menyebabkan hidung tersumbat. Atau Anda bisa oleskan aroma yang segar di sekitar hidung untuk meredakan rasa tersumbat.

5. Beristirahatlah
Tidur adalah cara terbaik untuk menghilangkan hidung tersumbat. Sebab dengan tidur, tubuh Anda akan beristirahat dan memulihkan tenaganya. Dengan begitu, rasa tersumbat dalam hidung akan hilang dengan sendirinya.

Editor: Budi Darmawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved