Pemilihan Bupati Lahat

Kawal Pilkada, Gakkumdu Lahat Diresmikan

lt Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH MM, meminta baik kepada penyelenggara maupun warga agat dapat berperan meny

Kawal Pilkada,  Gakkumdu Lahat Diresmikan
SRIPOKU.COM/ EHDI AMIN
Peresmian kantor Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Lahat. 

SRIPOKU.COM, LAHAT - Plt Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH MM, meminta baik kepada penyelenggara maupun warga agat dapat berperan menyukseskan Pilkada Lahat, 27 Juni 2018 mendatang.

Hal tersebut ditegaskan Marwan, saat meresmikan kantor Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Lahat, yang berada di Jalan Jaksa Agung R Suprapto Bandar Agung Lahat, Kamis (1/3/2018).

Dikatakan Marwan, Gakkumdu dibentuk untuk menangani pelanggaran pemilu terlebih dalam penanganan pelanggaran pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di Kabupaten Lahat dan Pilgub Sumsel periode.

"Sukses, aman, dan damai, merupakan kerinduan kita semua, karena ini merupakan agenda besar seluruh masyarakat di Kabupaten Lahat.

Apalagi Kabupaten Lahat ini sejak dahulu selalu aman dalam pelaksanaan pesta demokrasi, dan sudah dikatakan pelaksanaan pilkada di Kabupaten Lahat aman se Indonesia,"kata Marwan.

Dalam pelaksanaan tugasnya nanti Gakkumdu diharapkan mampu menyelesaikan persoalan pilkada dengan baik.

"Semoga sentra Gakkumdu menjadi wadah pilkada 2018 dan jika ada persoalan pilkada bisa di atasi dengan baik," akhirnya.

Sementara itu, Komisioner Panwaslu Provinsi Sumsel, Iwan Ardiansyah SH mengatakan, Gakkumdu suatu hal sangat penting untuk membangun sinergisitas, membangunan kesamaan dalam menyelesaikan penangganan tindak pidana pemilu maupun pilkada fungsi sentra Gakkumdu adalah untuk menegakan hukum pidana pemilu.

“Ketika ada dugaan pelanggaran pidana Pemilu maka prosesnya melewati mekanismenya lewat Gakkumdu,” ucapnya.

Dikatakan dia, di Gakkumdu ada polisi, ada jaksa, memang pintu masuk pertama laporan atau temuan ke panwas namun kalau ada dugaan pidana maka yang dapat menyelesaikan sampai proses ke pengadilan adalah panwas, polisi dan jaksa.

“ Sentra Gakkumdu akan mengkaji mencari bukti-bukti agar lengkap hingga proses pengadilan, tidak bisa panwas mengadili harus ada unsur panwas, polisi dan jaksa,” Katanya lagi.

“Maksud dibentuknya Gakkumdu untuk pilkada menyamakan pemahaman dan pola penanganan tindak pidana pilkada dengan kepolisian dan Jaksa Agung dan untuk pilkada menyamakan pemahaman dan pola penanganan tindak pidana Pilkada dengan kepolisian dan Kejaksanaan baik provinsi maupun kabupaten/kota,” lanjut dia.

Ditempat yang sama, Ketua Panwaslu Kabupaten Lahat, Saptasa Andrian SE menegaskan, pembentukan sentra Gakkumdu ini memiliki peran penting sebagai wadah untuk menindaklanjuti laporan ataupun temuan tindak pidana pada berbagai tahapan pelaksanaan Pilkada 2018 di Kabupaten Lahat maupun Pilgub Sumsel.

Dalam peresmian kantor sekretariat itu, juga dihadiri oleh Dandim 0405 Lahat, Letkol CZI Srihartono, Kapolres Lahat yang diwakili oleh Wakapolres Lahat, dan Kejari Lahat, H Hemi SH MH.

Penulis: Ehdi Amin
Editor: Odi Aria Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved