Kabupaten OKI Optimis Raih Piala Adipura, Ini yang Dilakukan Kepala Dinas Lingkungan Hidup

Memasuki masa penilaian tahap ke 2 Piala Adipura 2018 akan digelar Maret mendatang. Kini Dinas Lingkungan Hidup (

Kabupaten OKI Optimis Raih Piala Adipura, Ini yang Dilakukan Kepala Dinas Lingkungan Hidup
SRIPOKU.COM/ Syahrul Hidayat
Arak-arakan Piala Adipura dibawa keliling kota, Kamis (3/8/2017). 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG -- Memasuki masa penilaian tahap ke 2 Piala Adipura 2018 akan digelar Maret mendatang. Kini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), lagi giat melakukan pembersihan dan pembenahan lingkungan dalam Kota Kayuagung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Drs H Alamsyah MSi didampingi Kabid Penataan dan pengembangan kapasitas lingkungan hidup Nirwandi SP, Selasa (27/2/2018) mengatakan, untuk meraih kembali piala Adipura, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dengan pembenahan terhadap sejumlah titik pantau penilaian Adipura.

"Ada 10 titik pantau yang menjadi objek penilaian Adipura yakni jalan - jalan, sejumlah perumahan, sekolah, kantor instansi daerah,Sungai Komering, Pasar tradisional,Terminal Tipe A, Rumah Sakit dan Puskesmas," kata Alamsyah seraya minta tolong buanglah sampah pada tempatnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Drs H Alamsyah MSi bersama istri berfoto selfie.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Drs H Alamsyah MSi bersama istri berfoto selfie. (Sripoku.com/Mat Bodok)

Lanjut Alamsyah, penilaian Adipura dilaksanakan tergantung keputusan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pusat. Namun, diperkirakan dilaksakan pada akhir Februari atau pada Maret mendatang untuk tanggal ketentuan belum diketahui kapan.

"Saat ini, kami tengah gencar melakukan pembersihan di wilayah Kota Kabupaten yang tak lepas dari dukungan masyarakat serta pengertian dari pemgendara kendaraan untuk tidak membuang sampah sembarangan," tutur Alamsyah.

Terkait lingkungan, sepanjang jalan yang rusak dilalui kendaraan berat milik perusahaan PT Waskita, akan dikoordinasikan untuk segera dilakukan perbaikan, menjelang penilaian Adipura.

Ditambahkan Nirwandi, untuk tahapan penataan lingkungan sudah dilakukan mulai dari melakukuan penghijauan terhadap pohon sepanjang jalan yang menjadi titik pantau penilaian Adipura, merapikan taman - taman,membersihkan jalan dengan menyediakan kotak sampah di area tertentu sepanjang jalan protokol serta membersihkan drainase saluran air jika ada yang tersumbat.

"Alhamdulilah pada penilaiai pertama piala Adipura Kabupaten OKI mendapat nilai 75,24 dan mendapat urutan ke 4 di Provinsi Sumatera Selatan, mudah-mudah pada penilaian ke dua ini dapat meningkat dan mendapat Piala Adipura yang ke - 9," ungkapnya.

"Membenahi tata kota dan melakukan reboisasi terhadap pohon-pohon sepanjang jalan yang menjadi titik pantau penilaiaan Piala Adipura," harapnya.

Penulis: Mat Bodok
Editor: Odi Aria Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved