Breaking News:

Pemilihan Bupati Lahat

Masih Melanggar, Paslon di Lahat Diberi Waktu Tiga Hari untuk Lakukan Ini

Meminta kepada masing-masing tim pemenangan kandidat, untuk menaati surat yang dilayangkan dan diberi waktu 3 hari

SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Rapat koordinasi membahas penertiban APK Paslon Lahat, Jumat (23/2/2018). 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT - Masih bertaburnya Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon (Paslon) Pilkada Lahat, khususnya di wilayah Kecamatan Kota Lahat, berbuntut digelarnya rapat koordinasi (Rakor) antara Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat, dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu), Polres, Kodim 0405 dan Kepala OPD.

Plt Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH MM, yang memimpin rapat meminta Panwaslu melayangkan surat pemberitahuan kepada masing-masing tim pemenangan Paslon, sekaligus tenggat waktu tiga hari mengenai penertiban dan pelepasan APK yang terpasang.

Diharapkan dengan pemberitahuan tersebut para paslon bisa mematuhinya.

Marwan juga berharap Panwaslu bisa duduk bersama dengan tim pemenangan sehingga apa yang diinginkan sesuai aturan dapat dimaklumi.

"Panwaslu agar kiranya dapat memberitahu paslon terhadap APK yang masih terpasang.

Ajak duduk satu meja, membahas mengenai penertiban APK, dengan demikian, akan mengetahui mekanisme dan prosedural dalam pelaksanaannya nanti.

Nah, jika sudah diberikan surat dan diberi batas 2-3 hari tidak diindahkan, maka, Panwaslu dibantu Pol-PP akan melepasnya," terangnya saat rapat yang digelar di ruangan Opsroom, Pemkab Lahat, Jumat (23/2/2018).

Sementara, Ketua Panwaslu Lahat, Sepsata Andrian SE, menuturkan akan segera melayangkan surat pemberitahuan tentang penertiban APK.

Bahkan pihaknya juga akan memanggil tim pemenangan Paslon untuk duduk bersama sehingga tidak salah paham atas surat yang dilayangkan tersebut.

“Alhasil dari Rakor, meminta kepada masing-masing tim pemenangan kandidat, untuk menaati surat yang dilayangkan dan diberi waktu 3 hari, supaya melepas APK sendiri,” ujarnya seraya menuturkan penertiban APK tinggal di Kota Lahat saja.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Lahat, Samsulrizal Nusir Bsc mengungkapkan, jajarannya sudah menyiapkan lokasi kampanye rapat umum, di lima zona, termasuk juga jadwal selama bersosialisasi kepada masyarakat.

“Masa kampanye dimulai 15 Februari hingga 23 Juni 2018 mendatang, sejauh ini, para kandidat telah melaksanakannya sesuai jadwal kampanye,” urainya.

Terkait APK, kalau tidak ada aral melintang pada Maret 2018, KPU akan meluncurkan design maupun ukuran APK standar dipergunakan calon.

“APK yang akan digunakan, bakal disesuaikan baik itu, jenis rancangan serta ukurannya, dan masing-masing paslon boleh memperbanyaknya,” tukas Samsulrizal.

Penulis: Ehdi Amin
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved