Pemilihan Bupati Epatlawang

Paslon Joncik - Yulius Lapor ke Panwaslu Terkait Kericuhan Deklarasi Damai

Paslon nomor urut 2 melapor kericuhan saat pelaksanaan deklarasi kampanye damai Minggu (18/2/2010) lalu ke Panwaslu Empatlawang.

Paslon Joncik - Yulius Lapor ke Panwaslu Terkait Kericuhan Deklarasi Damai
SRIPOKU.COM/AWIJAYA
Ketua Tim pemenangan Pasangan Joncik- Yulius, Suharli dan muasa hukum, melapor ke Panwaslu Empatlawang, Selasa (20/2/2018) 

SRIPOKU. COM, EMPATLAWANG - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Empatlawang, Joncik Muhammad-Yulius Maulana (JM-Yus) Paslon nomor urut 2 melapor kejadian kericuhan saat pelaksanaan deklarasi kampanye damai Minggu (18/2/2010) lalu ke Panwaslu Empatlawang.

Ketua Tim Pemenangan JM-Yus,  Suharli M Yamin, didampingi pengacara hukum, Abdusy Syakir, SH, Rabu (21/2/2018) mengatakan, pengaduan yang ditujukan ke paslon nomor urut 1 telah diterima Panwaslu Empatlawang dengan tanda bukti penerimaan laporan Nomor: 05/SS/02/I/2018.

Adapun poin laporan tersebut atas terjadinya pelemparan benda keras yang diduga dilakukan tim Paslon nomor urut 1, sehingga mengakibatkan nomor urut 2 terluka pada bagian kepala dan saat terjadinya keributan yang dilakukan oleh tim Paslon nomor urut 1.

"Saat insiden kericuhan, calon bupati Empatlawang, Joncik Muhammad mengalami luka di bagian kepala terkena lemparan benda dari tim paslon nomor urut 1. Sangat kita sesalkan, saat itu tidak ada upaya paslon nomor urut 1 untuk meredam massanya," ungkap Suharli.

Selain itu, lanjutnya, orasi yang disampaikan calon wakil bupati, H Eduar Kohar  indikasi melanggar komitmen deklarasi damai yang ditentukan KPU.

Selain itu juga, ketidak hadiran calon bupati paslon nomor urut 1 saat deklarasi kampanye damai

Lebih jauh dikatakannya, proses perkara pelemparan calon bupati paslon nomor urut 2 mesti dilanjutkan.

Menurutnya, dari pandangan kacamata hukum, selain tindak pidana, ada pelanggaran administrasi pemilu. Karena itu, Panwaslu Empatlawang juga harus mengambil langkah untuk prosesnya lebih lanjut.

"Ada pelanggaran administratif sesuai dengan PKPU tentang Pilkada. Karena itu, Panwaslu harus memprosesnya," katanya.

Ia  berharap Pilkada di Empatlawang berlangsung damai, aman dan kondusif, tidak menghendaki terjadinya keributan dan kericuhan. (cr27)

Penulis: Awijaya
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved