Jumlah Peminat Meningkat, 1405 Rumah Warga di Inderalaya Terkonversi Jargas Kota

Sejak mulai di-launching-nya penggunaan jaringan gas (jargas) kota di Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir (OI) satu tahun lalu, jumlah pem

Jumlah Peminat Meningkat, 1405 Rumah Warga di Inderalaya Terkonversi Jargas Kota
SRIPO/BERI
Rusdi Malika, Dirut PD Petrogas Kabupaten Ogan Ilir. 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Bery Supriyadi

SRIPOKU.COM, INDERALAYA--Sejak mulai di-launching-nya penggunaan jaringan gas (jargas) kota di Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir (OI) satu tahun lalu, jumlah peminat gas rumah tangga di Inderalaya terus bertambah, terhitung sejak Februari 2018 ini.

PD Petrogas selaku perusahaan BUMD milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten OI yang ditunjuk selaku pihak pengelola saat ini sudah mendata sebanyak 1405 rumah warga di Inderalaya terkonversi (menyala) jaringan gas rumah tangga.

Angka tersebut hampir mencapai 50 persen dari 3564 jaringan yang telah terpasang di Inderalaya sejak tahun 2013 lalu.

Dirut PD Petrogas Rusdi Malika mengatakan, dari 1405 pelanggan yang telah terkonversi (menyaka) jargas selain berasal dari rumah tangga, ada juga bersasal dari pemilik usaha seperti restoran, warung makan, dan hotel. Akan tetapi lanjut Rusdi Malika, khusus pemilik restoran dan rumah makan, mereka dikenakan biaya tarif pemasangan jaringan gas non subsidi dengan tarif senilai Rp 3 - Rp 3.5 juta untuk satu kali pemasangan.

Sedangkan, untuk rumah tangga tidak dipungut biaya alias gratis pemasangan karena telah disubsidi oleh pemerintah pusat yang bersumber dari dana APBN.

"Jadi untuk rumah tangga, tidak dikenakan biaya pemasangan alias gratis karena telah subsidi dari pemerintah pusat.

Seperti diketahui, pemasangan jaringan gas kota untuk rumah tangga di kota Inderalaya Kabupaten OI telah dilakukan sejak tahun 2013 lalu, kini masuk tahapan pemasangan ke rumah-rumah penduduk yang telah terkonversi jargas," kata Dirut PD Petrogas Kabupaten OI Rusdi Malika, Rabu (21/2) saat dibincangi di ruang kerjanya.

Disebut Rusdi, tidak menutup kemungkinan kedepan jumlah pelanggan akan terus bertambah.

"Insyaallah pada akhir bulan ini, seluruh sambungan jaringan gas rumah tangga di rumah-rumah penduduk, khususnya rumah warga yang berada di kawasan kota Inderalaya bisa menyala," katanya.

Halaman
12
Penulis: Beri Supriyadi
Editor: Odi Aria Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved