Buah Duku Banjir di OKU Selatan, tapi Pedagang Jual dengan Harga Tinggi. Ini Penyebabnya

Sejak seminggu terakhir panen raya buah duku di Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan telah memasuki puncaknya.

Buah Duku Banjir di OKU Selatan, tapi Pedagang Jual dengan Harga Tinggi. Ini Penyebabnya
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Ami, salah seorang penjual duku di daerah Kecamatan Simpang, OKU Selatan, Selasa (20/2/2018) siang. 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, MUARADUA - Sejak seminggu terakhir panen raya buah duku di Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan telah memasuki puncaknya.

Namun harga buah tersebut tak kunjung normal dilihat dari banjirnya pasokan duku yang berada di pasaran.

Beragamnya harga disebabkan penjual duku mengaku masih membeli pada pemilik duku, serta kualitas buah duku yang dianggap super.

Akibatnya harga duku tidak stabil di kalangan pasar dengan harga dimulai dari Rp 3.000 hingga Rp 10.000 per kilogramnya.

"Saya juga beli dari warga sekitar dek. Makanya saya jual dengan harga Rp 10 ribu per kilonya," ungkap Ami, salah seorang penjual duku di daerah Kecamatan Simpang, saat dibincangi Sripoku.com, Selasa (20/2/2018) siang.

Salah seorang penjual duku sedang memasarkan duku jualannya di pinggir jalan wilayah Kecamatan Simpang, OKU Selatan, Selasa (20/20/2018).
Salah seorang penjual duku sedang memasarkan duku jualannya di pinggir jalan wilayah Kecamatan Simpang, OKU Selatan, Selasa (20/20/2018). (SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH)

Berbeda dengan Mahidi, yang juga merupakan penjual duku mematok harga sama dengan penjual lainnya karena kualitas duku yang ia pasarkan terbilang baik.

"Lihat sendiri dek, dukunya super serta hasil dari kebun sendiri," kata Mahidi.

Meskipun di beberapa daerah di Muaradua, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan mematok dengan dengan harga tinggi, berbeda dengan di wilayah Kecamatan Muaradua yang hanya menjual buah duku dengan seharga Rp 3.000 per kilogram.

"Sekarang panen raya buah duku ini bahkan sudah banjir dimana-mana.

Jadi terpaksa harus menyesuaikan harga pasar dengan harga Rp 3.000 per kilogram," ungkap Arif yang menjual duku di Jalan Pemkab OKU Selatan.

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved