Dosen Prodi Pendidikan Sendratasik Perkenalkan Siswa Karya Seni Tradisi Sumsel

Kegiatan ini merupakan bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dosen prodi Pendidikan Sendratasik

Dosen Prodi Pendidikan Sendratasik Perkenalkan Siswa Karya Seni Tradisi Sumsel
SRIPOKU.COM/YULIANI
Suasana PKM dosen Pendidikan Sendratasik di panggung Apresiasi UPGRI Palembang, Sabtu sore (10/2/2018). 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Sekitar 50 siswa yang datang dari tiga sekolah, yakni SMA Muhammadiyah 6, SMK Negeri Sumsel dan SMK Gajah Mad,a tampak antusias belajar seni lokal khas Sumsel di panggung Apresiasi UPGRI Palembang, Sabtu sore (10/2/2018).

Tak hanya mendengarkan paparan materi dari belasan dosen di kampus tersebut, para siswa ini juga ikut mencoba beberapa alat musik yang selama ini jarang mereka mainkan.

Kegiatan yang merupakan bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dosen prodi Pendidikan Sendratasik ini khusus mengangkat masalah unsur-unsur pendukung karya seni tradisi Sumsel.

“Siswa kita perkenalkan musik dan sejarahnya termasuk musik Syaroful Anam, dan juga proses pembuatan kelengkapan karya seni seperti kostum tari, ornamen ragam aksesoris tari, dan pembuatan Gandik,” ujar ketua PKM, Rully Rochayati, M.Sn.

===

Ia menjelaskan, dalam seni Syaroful Anam saja ada penyajian vokal Sholawatan (Vokal rodat) beserta tariannya yang diiringi dengan terbangan.

“Dalam kesempatan ini tak hanya kita perkenalkan alat musik saja, namun siswa diberi kesempatan memukul terbangan dan langsung praktik tari.”

“Tentu saja dengan bimbingan dosen yang melaksanakan PKM ini,” terangnya.

Pihaknya berharap adanya workshop dan pelatihan ini bisa membuka wawasan baru bagi siswa jika sebuah bentuk pertunjukkan karya seni tidaklah dapat berdiri sendiri.

Halaman
12
Penulis: Yuliani
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved