Pemerintah Sebut Mayoritas Travel Umroh di Sumsel Ilegal

Jika tidak memiliki izin ia menegaskan bagi travel umroh untuk angkat kaki dari Sumsel.

Pemerintah Sebut Mayoritas Travel Umroh di Sumsel Ilegal
SRIPOKU.COM/YANDI TRIANSYAH
Jemaah haji Debarkasi Palembang baru tiba di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, Jumat (22/9/2017). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - - Ketua Percepatan Umroh Sumsel, Ali Akbar menyesalkan masih ada travel umroh yang beroperasi di Sumsel namun tak mengantongi izin.

Padahal pemerintah provinsi Sumsel sudah memiliki Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 37 tahun 2017 mengenai umroh, dimana dalam aturan itu disebutkan bahwa seluruh travel umroh harus memiliki izin di 17 kabupetan kota di Sumsel.

Jika tidak memiliki izin ia menegaskan bagi travel umroh untuk angkat kaki dari Sumsel.

Dalam peraturan tersebut ia mengatakan, travel umroh harus mengantongi izin di 17 kabupaten kota di Sumsel. Supaya bisa mengangkut jemaah di seluruh kabupeten kota .

Jika tidak memiliki izin di semua kabupaten kota, maka travel umroh tak bisa mengangkut jemaah umroh yang tak memiliki izin di kabupaten kota tersebut.

"Pengajuan berkas izin ke ketua umroh provinsi Sumsel, setelah dianyatakan lengkap baru saya rekomendasikan ke kemenag Sumsel," katanya, Selasa (6/2/2018) saat dihubungi.

Selanjutnya kata dia, setelah mendapatkan rekomendasi dari kemenang Sumsel maka pihak kemenag mengeluarkan rekomendasi kepada kepala daerah di 17 kabupetan kota.

"Umroh ini kan banyak dinas yang terlibat, dinas perizinan, pariwisata, kesra dan hingga kepala daerah jadi tidak main main," katanya.

Apalagi saat ini kata Ali mengatakan, hanya dua perusahaan yang baru berhasil lolos verifikasi dan mengantongi izin di 17 kabupaten kota. Diantaranya PT Al Ahram Sarana Wisata dan PT Surya Sekawan Nusa.

"Sesuai dengan aturan pergub nomor 37 tahun 2017 baru dua perusahaan yang lolos verifikasi untuk memiliki izin di 17 kabupeten kota di Sumsel, dan mereka berhak mendirikan cabang dan perwakilan dan kantor di Sumsel," katanya.

Halaman
12
Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved