Gempa goncang taiwan

Giliran Taiwan Digoncang Gempa 6,4 SR

Gempa dahsyat berkekuatan 6,4 Skala Ritcher (SR) mampir mengguncang pesisir timur Taiwan.

Giliran Taiwan Digoncang Gempa 6,4 SR
Kompas.com
Salah satu hotel pondasinya ambruk dan menjadi miring di Hualien, Taiwan, setelah gempa berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang pesisir timur. 

Giliran Taiwan Digoncang Gempa 6,4 SR

 

SRIPOKU.COM, TAIPE -- Gempa dahsyat berkekuatan 6,4 Skala Ritcher (SR) mampir mengguncang pesisir timur Taiwan. Dari perisitiwa tersebut menyebabkan dua orang tewas dan lebih dari 200 orang lainnya terluka.

Goncangan gempa terjadi pukul 23.50, Selasa (6/2/2018), mengakibatkan sejumlah bangunan menjulang tinggi hancur dan banyak orang yang terperangkap di dalamnya.

Di antara bangunan yang hancur adalah sebuah hotel dan apartemen sehingga menjadi bangunan yang paling parah terkena dampak guncangan gempa di kota pelabuhan Hualien.

Kecuali itu, lima bangunan lainnya termasuk rumah sakit juga rusak dengan jalan-jalan yang dipenuhi reruntuhan dan retakan.

Seperti Hotel Marshal ambruk dan menjadi miring, sementara tim penyelamat selalu mencoba mengevakuasi korban di lantai atas.

"Ini merupakan gempa terbesar yang pernah saya alami di Huelien dalam lebih dari 10 tahun," kata penduduk setempat, Blue Hsu.

Dia sempat melihat keadaan hotel yang berada di dekat rumahnya itu. Menurutnya, lantai dasar hotel telah hancur.

"Lantai bawah hotel ambrol dan saya melihat turis panik ketika dievakuasi dari hotel," ucapnya.

Pejabat dari pemadam kebakaran Hualien menyatakan sebanyak 149 orang telah dievakuasi dari bangunan yang rusak. Beberapa orang masih terjebak, namun jumlahnya belum dapat dipastikan.

Sekitar 40.000 rumah kini tidak dapat dialiri air dan jalan raya serta jembatan ditutup. Selain itu, kantor dan kegiatan sekolah untuk sementara ditiadakan pada Rabu (7/2/2018).

Setelah gempa tersebut, setidaknya ada 15 gempa susulan setelahnya. sebelumnya, hampir 100 getaran lebih kecil mengguncang wilayah tersebut dalam tiga hari terakhir.

Peristiwa ini juga terjadi tepat dua tahun sejak gempa dengan skala yang sama melanda kota Tainan di Taiwan, menewaskan lebih dari 100 orang.

Diwartakan sebelumnya Kompas.com dengan judul asli "Gempa 6,4 SR Guncang Taiwan, 2 Orang Tewas dan 200 Lainnya Terluka"

Editor: Salman Rasyidin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved