Fenomena Gerhana

Catat! Bakal Ada Empat Gerhana Lagi 2018. Ini Waktunya

Heboh soal gerhana bulan total belum lama berlalu dan masih jadi pembicaraan bahkan jadi materi diskusi di sejumlah analis

Catat! Bakal Ada Empat Gerhana Lagi 2018. Ini Waktunya
Kompas.com
Foto kolase saat fase terjadinya fenomena gerhana bulan di Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (31/1/2018) malam. 

Bakal Ada Empat Gerhana Lagi 2018
SRIPOKU.COM -- Heboh soal gerhana bulan total belum lama berlalu dan masih jadi pembicaraan bahkan jadi materi diskusi di sejumlah analis dan peminat soal gejala alam ini, ternyata selama 2018 ke depan bakal ada empat gerhana lagi.
Masih segar dalam ingatan kita, gerhana bulan total atau yang disebut super blue blood moon yang baru saja berlalu masih menyisakan sebagian kekecewaan.

Sebabnya, karena fenomena langit ini hanya di beberapa daerah di Indonesia yang bisa menikmatinyakarena sebagian lain tak dapat disaksikan.

Hal itu karena awan mendung menutupi hampir di sebagian besar wilayah Indonesia.

Tapi bagi Anda yang Rabu (31/01/2018) lalu tak sempat menyaksikannya, gerhana bulan total akan kembali menyapa Indonesia pada 28 Juli 2018 mendatang.

Tiga Gerhana Matahari 
Sebenarnya, selain gerhana bulan total yang sudah berlalu, bumi akan merasakan lagi gerhana matahari sebagian. Bahkan, pada tahun 2018 ini, ada 3 gerhana matahari sebagian yang dapat dinikmati.
Namun, ketiga gerhana matahari tersebut tidak dapat diamati dari Indonesia.

Seperti bulan Februari ini saja, gerhana matahari sebagian akan terjadi pada 15 Februari 2018 yang hanya bisa diamati dengan mudah Antartika.

Sedangkan, sebagian wilayah Chile dan Argentina juga dapat mengamati fenomena alam ini.

Selanjutnya, gerhana matahari sebagian bakal kembali hadir pada 13 Juli 2018. Sayangnya lagi , gerhana ini akan terjadi di wilayah yang hampir tak berpenghuni.

Pasalnya, bayangan bulan akan jatuh di antara wilayah Australia dan Antartika. Ini menyebabkan gerhana tersebut hanya dapat dilihat di sebagian kecil wilayah Australia dan sisanya berada di lautan Hindia, Pasifik, dan wilayah tak berpenghuni di Antartika.

Gerhana matahari sebagian terakhir akan terjadi pada 11 Agustus 2018. Wilayah yang bisa menyaksikan proses gerhana ini adalah sebagian Eropa dan Asia, Kanada, Greenland, Lautan Atlantik, dan Lautan Artik.

Halaman
12
Editor: Salman Rasyidin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved