Psikologi

Pentingnya Kedekatan Emosional antara Ayah dan Anak Perempuannya

Pengaruh ayah bukan hanya penting bagi anak laki-lakinya, tapi juga putri kecilnya. Bagi anak perempuan, ayah adalah figur pria pertama

Pentingnya Kedekatan Emosional antara Ayah dan Anak Perempuannya
deon.pl
Sayang anak perempuannya. 

SRIPOKU.COM - Pengaruh ayah bukan hanya penting bagi anak laki-lakinya, tapi juga putri kecilnya. Bagi anak perempuan, ayah adalah figur pria pertama yang dikenalnya.

Berita Lainnya:  Kisah Mengharukan! 40 Tahun Terpisah, Ayah dan Anak Kini Bertemu Berkat Unggahannya di Akun Ini

Hubungan yang positif antara ayah dan anak perempuannya berpengaruh besar dalam jangka panjang, bahkan menentukan apakah ia akan tumbuh menjadi wanita yang kuat dan percaya diri.

Pengaruh seorang ayah pada anak perempuannya akan membentuk kepercayaan diri, citra diri, dan memengaruhi pilihannya pada pria.

"Seorang ayah akan menjadi contoh bagi anak perempuannya untuk membangun hidupnya sendiri, bahkan jika ia memiliki pandangan berbeda tentang dunia," kata profesor psikologi Michael Austin.

Ia mengatakan, yang paling penting adalah seorang ayah memiliki sikap integritas, jujur, dan menjadi contoh positif bagaimana bersikap sehari-hari.

Di era modern ini, seorang ayah dan ibu memiliki peran seimbang dalam pengasuhan anak. Ini merupakan kesempatan yang baik bagi para ayah untuk membangun ikatan supaya selalu dekat dengan anaknya sejak dini.

"Ayah perlu meluangkan waktu dengan bayi perempuannya, memenuhi kebutuhan fisiknya seperti mengganti popok atau menyuapi, dan juga mendukung ibunya," ujar Austin.

Semakin besar, ayah bisa bermain berdua, membacakan cerita dan dongeng, atau aktivitas fisik lainnya.

Di usia remaja, tantangan baru dalam hubungan tersebut akan dirasakan ayah karena anak perempuannya mungkin lebih emosional dan sulit diatur akibat pengaruh hormonal.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved