Miris, Perusahaan Ritel di Palembang Minim Terapkan Upah Pekerja Sesuai UMK !

Pasca ditetapkannya Upah Minimum Kota (UMK) sebesar Rp 2,736 juta beberapa waktu lalu, Serikat Peke

Miris, Perusahaan Ritel di Palembang Minim Terapkan Upah Pekerja Sesuai UMK !
SRIPOKU.COM/YANDI TRIANSYAH
Anak-anak ikut aksi buruh Palembang 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Siti Olisa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Pasca ditetapkannya Upah Minimum Kota (UMK) sebesar Rp 2,736 juta beberapa waktu lalu, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Serikat Buruh Indonesia (SBSI) Kota Palembang siap mengawal penerapannya.

Pihaknya menilai, dari ribuan perusahaan yang ada di Palembang, berdasarkan data tahun 2017, masih ada 10 persen perusahaan yang tidak memberikan UMK ini.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, Abdullah Anang, usai coffe morning dengan Walikota Palembang mengatakan 10 persen perusahaan yang belum memberikan UMK ini adalah dibidang ritel.

Tetapi perusahaan yang skalannya nasional, seperti ritel modern penerapannya sudah bagus.

"Kami berusaha turun langsung mengingatkan para pemilik perusahaan untuk memberikan upah sesuai UMK," ujarnya, Rabu (31/1/2018).

Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Serikat Buruh Indonesia (SBSI) melakukan audiensi dengan Walikota Palembang, Harnojoyo di Rumah Dinas Walikota, Rabu (31/1/2018).
Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Serikat Buruh Indonesia (SBSI) melakukan audiensi dengan Walikota Palembang, Harnojoyo di Rumah Dinas Walikota, Rabu (31/1/2018). (SRIPOKU.COM/SITI OLISA)

Selain itu, keluhan yang sering dialami oleh para pekerja adalah masalah upah lembur dan prosedur PHK yang tidak sesuai aturan.

"Untuk itu kami dari LKS Tripartit berupaya untuk turun langsung memberikan pembinaan kepada perusahaan tersebut," ujarnya.

Sebelumnya Dinas Ketenagakerjaan Kota Palembang sudah melakukan sosialisasi penerapan Upah Minimum Kota (UMK) di seluruh perusahaan yang ada di Kota Palembang.

Berdasarkan SK penetapan UMK dari Gubernur Sumatera Selatan, UMK Palembang menjadi Rp 2,736 juta dari sebelumnya Rp 2,484 juta.

Halaman
12
Penulis: Siti Olisa
Editor: Odi Aria Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved