Minimalisir Pungli, Pemkot Palembang Akan Lakukan Ini

Peemerintah Kota Palembang menargetkan September mall perizinan sudah beroperasional.Hal ini dilakukan karena pelayana

IST
Pungli 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Pemerintah Kota Palembang menargetkan September mall perizinan sudah beroperasional.

Hal ini dilakukan karena pelayanan perizinan selama ini di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) dan instansi terkait dianggap merepotkan masyarakat.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Palembang,Akhmad Mustain mengatakan, Senin (29/1) mengatakan, memusatkan pelayanan perizinan pada satu tempat ini untuk meminimalisir terjadinya pungutan liar (pungli).

"Tempat ini akan jadi pusat pelayanan perizinan secara terpadu.

Setelah konsolidasi internal dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, kita akan kejar pembangunan Mall Pelayanan Terpadu," ujarnya.

Mall perizinan ini difungsikan sebagai tempat seluruh pelayanan perizinan.
Direncanakan gedung pelayanan ini akan dipusatkan di Jakabaring atau tepatnya di gedung Sriwijaya Promotion Center, Jakabaring.

"Gedungnya itu sudah ada, tapi harus ada persetujuan dulu, secara bertahap prosesnya," ujarnya.

Ia mengatakan, sejauh ini, permohonan perizinan diproses di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT) terkait.

"Jika sudah ada mall perizinan ini nanti maka seluruh perizinan semuanya dilakukan disana. Didirikannya mall ini bertujuan agar seluruh pelayanan di bidang perizinan ini dapat jauh lebih baik," ujarnya.

Dibentuknya tempat perizinan terpadu ini, untuk meminimalisir adanya pertemuan antara pemohon dan ptugas. "Sebab apa, kita juga menginginkan pelayanan perizinan ini nantinya juga bersih dan bebas dari Pungli. Yang ini jelas kita hindari," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Siti Olisa
Editor: Odi Aria Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved