Mobil Listrik

Selain Indonesia, Soal Mobil Listrik Mitsubishi Gandeng Vietnam

Produsen mobil asal Jepang dan salah satu anggota dari aliansi besar Nissan dan Renault, Mitsubishi, resmi bermitra dengan pemerintah

Selain Indonesia, Soal Mobil Listrik Mitsubishi Gandeng Vietnam
Net
Logo Mitsubishi 

SRIPOKU.COM - Hanoi – Produsen mobil asal Jepang dan salah satu anggota dari aliansi besar Nissan dan Renault, Mitsubishi, resmi bermitra dengan pemerintah Vietnam, dalam rangka penelitian dan pengembangan kendaraan listrik.

Berita Lainnya:  Pengembangan Mobil Listrik di Indonesia masih Terkendala Penyesuaian Tarif Pajak

Vietnam memang sedang mencari dorongan untuk membantu menumbuhkan industri otomotif. Sementara Mitsubishi berharap dapat memperoleh sepotong kue dari pasar kendaraan ramah lingkungan, yang diperkirakan akan tumbuh di masa depan.

Mengutip dari Nikkei, Minggu (21/1/2018), Mitsubishi juga merencanakan bakal memproduksi lokal kendaraan ramah lingkungan di negeri dengan ibu kota Hanoi tersebut. Sebelumnya, Mitsubishi sudah terlebih dahulu bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dengan menyumbang 10 unit protipe mobil listrik untuk penelitian.

Gairah Vietnam di industri otomotif roda empat semakin tumbuh, seiring kelas menengah yang berkembang. Namun, meningkatnya polusi udara dari mobil dan pembangkit listrik tenaga panas berbahan bakar batubara, memaksa pemerintah berharap pada kendaraan listrik.

Pemerintah dan Mitsubishi bersama-sama bakal memelajari kendaraan listrik yang dianggap cocok untuk jalan Vietnam, kondisi lalu lintas dan infrastruktur pengisian (charging station) yang tersedia. Sebelum studi, Mitsubishi akan memasok Vietnam dengan kendaraan plug-in hybrid Outlander.

Vingroup JSC, perusahaan real estat terkemuka Vietnam, yang telah masuk ke industri otomotif dan memproduksi kendaraan nasional pertama, juga ikut mengembangkan kendaraan listrik.

Vietnam ingin jadi negara industri pada 2020, di mana otomotif harapannya menjadi salah satu pilar utama. Soal penjualan mobil baru, performanya harus turun 10 persen atau 272.750 unit pada 2017, dari rekor 300.000 unit pada 2016.

Namun, dengan jumlah orang kaya dan kelas menengah yang banyak membeli mobil, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan mengharapkan penjualan mobil baru akan tumbuh lebih dari dua kali lipat menjadi 600.000 unit per tahunnya di 2025.

Penulis: Ghulam Muhammad Nayazri

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://otomotif.kompas.com/ dengan Judul:
Setelah Indonesia, Mitsubishi Gandeng Vietnam Soal Mobil Listrik

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved